Bupati Seruyan Akan Bentuk Forum Doa Lintas Agama

id Bupati Seruyan Akan Bentuk Forum Doa Lintas Agama, lintas agama, sudarsono

Bupati Seruyan Akan Bentuk Forum Doa Lintas Agama

Bupati Seruyan Sudarsono (FOTO ANTARA Kalteng/Rachmat Hidayat)

Keinginan untuk membentuk forum ini sudah lama saya rencanakan..."
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono akan membentuk forum doa lintas agama, yang di dalamnya terdiri dari para tokoh dari berbagai agama di daerah tersebut.

"Keinginan untuk membentuk forum ini sudah lama saya rencanakan, terutama sepulang dari kunjungan ke Brunei Darussalam," katanya di Kuala Pembuang, Kamis.

Menurut dia, selama beberapa hari di negara berjuluk "Petro Dolar" tersebut, dilihat tokoh agama kompak mendoakan kemakmuran negara serta kesuksesan bagi sultannya. Doa itu selalu dibaca berulang-ulang oleh tokoh agama bersama dengan jamaahnya.

"Saya kemudian berpikir, jangan-jangan Brunei Darussalam bisa menjadi makmur di bawah kepemimpinan seorang sultan salah faktornya adalah karena ada doa dari rakyatnya," katanya.

Menurutnya, situasi dan kondisi Brunei sangat jauh berbeda dengan daerah lain yang ada di Pulau Kalimantan, kalau daerah lain di Kalimantan sering terdengar ada bencana, berita buruk atau berita duka, justru Brunei selalu berada dalam kedamaian.

"Bisa jadi itu karena doa-doa tadi. Kenapa justru kita dengan jumlah umat beragama terbesar di dunia tidak melakukan itu. Karena itu saya ingin memulainya, agar di masjid-masjid, gereja-gereja dan rumah ibadah lainnya berdoa dengan doa yang sama, yakni untuk kemakmuran Seruyan," katanya.

Bupati mengatakan, pelajaran berharga lain yang didapatkan selama di Brunei Darussalam adalah kemakmuran suatu bangsa tidak hanya didapat melalui kerja keras semata tapi juga ada kekuatan dan campur tangan Yang Maha Kua.

"Kita bekerja sekuat apa pun kerja keras yang kita lakukan, tapi ternyata tidak akan berarti apa-apa tanpa ada pertolongan dari Tuhan," katanya.

Ia mengungkapkan, disaat Seruyan sedang membangun maka diperlukan berbagai dukungan dari seluruh pihak, termasuk doa dari para pemuka agama agar Seruyan menjadi negara yang makmur dengan rakyat yang sejahtera.

"Saya ingin didoakan seperti di negara pimpinan Sultan Hassanol Bulkiah juga dilakoni di Seruyan bagi kemajuan dan kemakmuran rakyat di daerah ini," katanya.



(T.KR-JWM/B/S019/S019)