Perempuan Kalteng Diminta Rutin Periksa Kanker Serviks

id Kanker Serviks

Perempuan Kalteng Diminta Rutin Periksa Kanker Serviks

Ilustrasi. (Istimewa)

Saya tidak mau hal itu terjadi kepada perempuan di Kalteng
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Tim Penggerak PKK Kalimantan Tengah meminta seluruh perempuan di provinsi itu rutin memeriksa leher rahim untuk mendeteksi secara dini penyakit kanker serviks.

Banyak perempuan di Indonesia meninggal dunia hanya karena jarang dan tidak memeriksa dirinya ke puskesmas atau rumah sakit terdekat, kata Ketua TP PKK Kalteng Moenartining Teras Narang saat memeringati hari Kartini di Palangka Raya, Selasa.

"Saya tidak mau hal itu terjadi kepada perempuan di Kalteng. Itulah kenapa harus rajin melakukan pemeriksaan, karena deteksi dini kanker Serviks mempermudah pengobatan," tambah dia.

Istri Gubernur Kalteng itu juga meminta staf dan petugas kesehatan, khususnya di Puskesmas Menteng Palangka Raya lebih proaktif mengajak perempuan memeriksa dirinya agar terhindar dari kanker serviks.

Dia mengatakan, semua perempuan beresiko terkena kanker serviks, sehingga puskesmas Menteng yang dipersiapkan sebagai leading sektor mengantisipasi penyakit ini segera menyusun berbagai program.

"Harus jemput bola ya, tidak bisa kita hanya menunggu ibu-ibu dan perempuan-perempuan datang sendiri karena kan kanker serviks ini harus dideteksi sejak dini. Tidak bisa hanya menunggu," kata Moenartining.

Ketua TP PKK Kalteng ini mengingatkan para orang tua di provinisi ini yang memiliki anak perempuan, agar memberikan pemahaman dan meminta agar dirinya rutin memeriksa apakah mengidap kanker serviks atau tidak.

Dirinya juga berharap ada kerjasama lebih intens dan nyata antara pemerintah daerah, dunia pendidikan, masyarakat dan dunia usaha demi menyelamatkan perempuan dari penyakit kanker serviks di provinsi ini.

"Tapi, Perempuan di Kalteng ini jangan semuanya diserahkan ke pemerintah. Perempuan secara pribadi kan juga harus ada usahanya untuk menjaga diri sendiri. Karena yang tahu indikator tubuh kita sendiri kan kita juga," demikian Moenartining.


(T.KR-JWM/B/S019/S019)