Barito Utara Luncurkan Unit Pelayanan Sosial Keliling

id Barito Utara, Pemkab Barito Utara, Pemkab Barut, Unit Pelayanan Sosial Keliling, Yaser Arapat, Bupati Barut, Nadalsyah

Barito Utara Luncurkan Unit Pelayanan Sosial Keliling

Logo Pemkab Barut

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah akan meluncurkan Unit Pelayanan Sosial Keliling pada 24 Agustus 2016.

"Peluncuran UPSK ini dilakukan pada Rabu (24/8) dengan menghadirkan sebanyak 100 penyandang disabilitas serta 15 kader rehabilitasi berbasis masyarakat (RBM)," kata Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Barito Utara Yaser Arapat di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Yaser, RBM yang berjumlah 15 orang tersebut dalam rangka pemantapan yang berasal dari tokoh-tokoh masyarakat atau karang taruna, pekerja sosial dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Barito Utara Nadalsyah juga akan menyerahkan alat bantu secara simbolis kepada penyandang disabilitas yang sudah terdata kebutuhannya.

"Mereka penyandang disabilitas akan menerima bantuan pelayanan dan rehabilitasi seperti mendapat proses pendataan guna mendeteksi keperluan yang dibutuhkan," katanya.

Kebutuhan itu, kata dia, langsung dapat mereka usulkan pada pertemuan tersebut melalui Dinas Sosial Provinsi Kalteng.

Melalui kegiatan ini harapannya masyarakat penyandang cacat atau yang disebut penyandang disabilitas akan merasa terbantu dengan adanya program tersebut.

"Kegiatan ini kami lakukan bekerjasama dengan persatuan penyandang disabilitas Kabupaten Barito Utara," ujar Yaser.