Pergantian Kapolres Kotawaringin Barat Dengan Prosesi Adat Kesultanan

id kotawaringin barat, polres obar, adat kesultanan kutaringin

Pergantian Kapolres Kotawaringin Barat Dengan Prosesi Adat Kesultanan

Penyambutan Kapolres Kobar yang baru AKBP Pria Premos dengan menggunakan adat Kesultanan Kuutaringin yang dipimpin Pangeran Muasdjidinsjah. (Foto Alfa)

Pangkalan Bun (Antara Kalteng) - Pergantian pucuk pimpinan di Polres Kotawaringin Barat kembali berlangsung, dari yg selama ini tongkat komando Kapolres Kotawaringin Barat dipegang AKBP Heska Wahyu Widodo, berganti ke AKBP Pria Premos, mantan Kapolres Gunung Mas.

Diawali dengan penyambutan AKBP Pria Premos di pintu gerbang Mapolres Kotawaringin Barat, disambut dengan adat Kesultanan Kutaringin yang dipimpin langsung oleh Pangeran Muasdjidinsjah, dengan proses tarian penyambutan, Kutamara, dan tampung tawar.

Sebelum memasuki kantor yang disambut pejabat Kapolres Kobar yang lama, Kapolres baru jalann melewati pedang pora oleh para perwira, dan pengalungan bunga oleh pejabat lama kepada pejabat yang baru.

Wakil Kapolres Kobar, Kompol Dhovan Oktavianton, yang menyambut kedatangan Kapolres Kobar yang baru mengatakan, tradisi penyambutan dengan adat Kutaringin ini menjadi tradisi saat adanya pergantian pucuk pimpinan.

"Hal ini perlu ditampilkan, agar pejabat yang baru mengetahui tentang adat istiadat yang ada di daerah ini, sehingga ada penyatuan dengan daerah ini," ujar Dhovan.

Setelah itu baru dilakukan pelepasan pejabat lama dengan memberangkatkan bersama sebuah kendaraan, sebagai simbol ungkapan terima kasih dari jajaran anggota Polres Kobar, semoga mendapatkan kesuksesan di tempat yang baru.