Astaga! Hanya Untuk KTP-el, Warga Ini Sampai Minta Disposisi Bupati Pulpis

id Pulang pisau, Bupati Pulpis, Edy Pratowo, Hanya Untuk KTP-el, Warga Ini Sampai Minta Disposisi Bupati Pulpis

Astaga! Hanya Untuk KTP-el, Warga Ini Sampai Minta Disposisi Bupati Pulpis

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo (kanan) menerima dan memberikan disposisi kepada warga yang mengaki kesulitan dalam pengurusan KTP-el diruang lobi Setda setempat. (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Warga RT 10 Desa Anjir Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Eldi nekad menunggu Bupati setempat hanya untuk mendapatkan disposisi kepengurusan KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Meski Bupati H Edy Pratowo sebelumnya nampak bingung, namun dirinya langsung memberikan disposisi pada map milik Eldi di ruang lobi Seketariat Daerah (Setda).

"Ini harus menjadi perhatian bagi Disdukcapil, jangan mempersulit masyarakat yang membutuhkan pelayanan dalam administrasi kependudukan," tegas Edy Pratowo, Selasa.

Apa yang dilakukan salah satu warga ini, kata dia, akan menjadi masukan bagi dirinya. Apakah berbelit-belitnya dalam proses membuat KTP-el atau memang alur birokrasi yang cukup panjang. 

Namun yang jelas Edy Pratowo meminta agar Disdukcapil bisa memperbaiki pelayanan, dan memberikan perhatian dan membantu masyarakat kecil yang mungkin awam dalam proses pembuatan KTP-el tersebut.

Eldi kepada Antara Kalteng mengatakan bahwa dalam tiga hari ini dirinya bolak balik Disdukcapil hanya untuk mengurus KTP-el. Warga yang kurang mampu ini mengaku petugas terkesan mempersulit, padahal dia sudah berusaha untuk melengkapi berkas yang diminta oleh petugas Disdukcapil tersebut.

Dengan hanya menggunakan sepeda pancal, Eldi mengungkapkan kenapa begitu sulitnya masyarakat seperti dirinya dalam proses pembuatan KTP-el tersebut hingga terpaksa menemui Bupati H Edy Pratowo untuk meminta disposisi.

"Tiga hari ini masih juga berbelit-belit, hanya untuk melengkapi berkas. Semua sudah tetapi petugas tidak mau menerima" ujar Eldi 

Sebagai masyarakat tidak mampu dan awam dalam proses pembuatan KTP-el harusnya petugas memberikan kemudahan. 

Setelah mendapatkan disposisi Bupati H Edy Pratowo, Eldi nampak sumringah. Ternyata sebagai masyarakat Ia masih bisa bertemu langsung dengan orang nomor satu di kabupaten Berjuluk "Bumi Handep Hapakat" ini. 

Dengan menggunakan sepeda pancal yang bercampur debu jalanan, Eldi berharap disposisi dari Bupati ini, bisa mendapatkan KTP-el yang diingingkannya.