Cegah Pungli, Kapolres Perintahkan Propam Awasi Pelayanan Polres Barsel

id Barito Selatan, Buntok, Cegah Pungli, Kapolres, AKBP Yussak Angga, Propam Awasi Pelayanan Polres Barsel

Cegah Pungli, Kapolres Perintahkan Propam Awasi Pelayanan Polres Barsel

Ilustrasi, (Istimewa)

Saya perintahkan kepada Propam setiap hari untuk mengawasi disetiap sentra pelayanan publik,"
Buntok (Antara Kalteng) - Kapolres Barito Selatan, Kalimantan Tengah, AKBP Yussak Angga meminta propam untuk melakukan pengawasan disetiap pelayanan publik di Polres daerah tersebut.

"Hal ini dilakukan untuk memberantas pungutan liar diseluruh tempat pelayanan publik seperti di pelayanan SKCK, SIM, di Polres dan penerbitan STNK maupun BPKB di Kantor Samsat," katanya, di Buntok, Minggu.

Ia mengatakan, pengawasan ini berdasarkan intruksi dari Kapolri untuk membersihkan internal Polri dari praktek pungli dan percaloan disetiap pelayanan publik.

Kapolres mengatakan, dengan adanya pengawasan seperti ini, diharapkan tidak ada lagi parktik pungli maupun percaloan baik dari anggota polres sendiri maupun masyarakat.

"Saya perintahkan kepada Propam setiap hari untuk mengawasi disetiap sentra pelayanan publik," pinta Yussak Angga.

Menurut dia, selain melakukan pengawasan mereka juga siap menerima laporan masyarakat, apabila dalam pelayanan yang diberikan dari pihak kepolisian terdapat kekeliruan atau kejaggalan yang dilakukan oleh oknum tertentu.

Ia meminta masyarakat tidak takut dan ragu melaporkan segala bentuk pencaloan ataupun pungli yang dilakukan oleh oknum polisi yang tidak bertanggung jawab tersebut.

"Apabila ada laporan, kita akan segera menindaklanjuti laporan tersebut dan bila terbukti akan dilakukan proses hukum yang berlaku dilingkungan kepolisian,"tegas Yussak Angga.

Ia menambahkan, untuk meminimalisir praktik pungli pihaknya selalu melakukan pengawasan internal dengan menempatkan propam ditempat pelayanan publik jauh hari sebelum adanya intruksi dari Kapolri.

"Bahkan di tempat pelayanan pembuatan SIM, SKCK dan STNK selain menempatkan propam juga menempatkan polwan cantik untuk membantu mengurus pelayanan,". ucap dia.