52 Lurah dan Kades Dilatih Pengembangan Perpustakaan Desa

id kapuas, perpustakaan desa, pelatihan strategi pengembangan perpustakaan desa

52 Lurah dan Kades Dilatih Pengembangan Perpustakaan Desa

Nor Apiati, Kepala kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Kapuas bersama sejumlah peserta pelatihan. (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Sedikitnya 52 peserta yang terdiri lurah dan kepala desa mendapat pelatihan strategi pengembangan perpustakaan desa dari kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Kapuas.

Pelatihan ini dilakukan agar ada dukungan dan kesamaan persepsi dalam implementasi kebijakan program nasional pengembangan Perpustakaan Desa, meningkatkan pemberdayaan Perpustakaan Desa, terwujudnya gagasan program Satu Desa Satu Perpustakaan dan Sejuta Buku Untuk Desa.

Pelatihan tersebut juga bertujuan supaya terjalinnya sinkronisasi program kabupaten dan desa dalam upaya pengembangan perpustakaan dan mencerdaskan masyarakat dengan budaya Gemar Membaca dan belajar seumur hidup.

"Ini salah satu upaya untuk memberikan wawasan dan strategi bagi Kepala Desa, Lurah dan Aparat Desa lainnya untuk dapat mengembangkan potensi desa agar bisa bermanfaat bagi masyarakat dan meningkatkan pelayanan yang lebih maksimal," kata Nor Apiati Muhajirin kepala KPAD Kapuas.

Ia mengungkapkan, untuk tahun 2016 ada beberapa desa yang akan diberi pendampingan atau bermitra dengan Perpuseru dengan bantuan sarana komputer karena akan diadakan verifikasi desa-desa oleh KPAD dan Perpuseru Indonesia dan di SK kan Bupati Kapuas untuk mendapatkan perhatian dan dukungan sehingga menjadi Perpustakaan Desa Percontohan.

"Boleh berkolaborasi dan tetap menggunakan sistem Holistik Terintegratif yang didalamnya ada PAUD, BKB dan kegiatan masyarakatpun harus digabungkan seperti PKK dan Posyandu yang bersatu padu dalam berbagai sentra kegiatan," katanya.

Lebih jauh ia menyampaikan kegiatan lainnya yang ada dalam program perpustakaan desa tersebut yaitu menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat dengan adanya pelatihan komputer dan internet gratis, kursus bahasa inggris untuk SD sampai SMA serta Umum.

"Bimbingan belajar matematika untuk SD sampai SMA, kegiatan komunitas, pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup seperti pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat," terangnya.

Pelatihan Strategi Pengembangan Desa dibuka oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kapuas H Farid Ismet Rinjani pada Senin (5/12) dan dalam sambutannya ia mengatakan pihaknya mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Daerah.

Karena menurut dia, melalui membaca dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan menambah informasi. "Kita jangan memikirkan dulu anggarannya, pasti ada anggaran yang akan di salurkan. Yang penting kita berusaha dulu agar anak-anak kita bisa membaca dan masyarakat dapat mengembangkan potensi didaerahnya," katanya.