Batara Expo 2016, Stand Distankanak Barito Utara Ramai Dikunjungi

id Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muara Teweh, Batara Expo 2016, Stand Distankannak Barito Utara Ramai Dikunjungi

Batara Expo 2016, Stand Distankanak Barito Utara Ramai Dikunjungi

Seorang anak berfoto di samping sebuah patung yang dihiasi dengan sayur-sayuran di stand Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Barito Utara (Ist)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Stand Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah di lokasi "Batara Expo" yang digelar sejak 3-10 Desember 2016 di Stadion Swakarya Muara Teweh ramai di kunjungi warga terutama anak-anak yang tertarik melihat hewan-hewan yang dipamerkan di stan tersebut.

"Pada pemeran Batara Expo 2016 ini kami memamerkan berbagai macam hewan diantaranya seperti kijang, kalkun, landak, kelinci, kancil, sapi, unggas dan lainnya," kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Barito Utara, Setia Budi di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Budi, Hewan-hewan ini memang sengaja dibawa pada pameran Batara Expo dengan tujuan mengenalkan jenis-jenis hewan yang ada di daerah ini kepada masyarakat, sebab mungkin selama ini ada masyarakat yang hanya mengetahui hewan itu melalui gambar atau melalui televisi saja, tetapi tidak pernah melihat hewan ini secara langsung.

Binatang-binatang yang ada dalam pameran Batara Expo ini adalah binatang yang dipersiapkan untuk menjadikan UPTD KM 7 Muara Teweh-Puruk Cahu, sebagai tempat wisata agro terpadu. Jadi pada UPTD tersebut, disamping memproduksi benih-benih hortikultura juga memelihara hewan-hewan ini.

"Nantinya untuk UPTD kilometer 7 Muara Teweh-Puruk Cahu direncanakan menjadi lokasi wisata agro terpadu, artinya disamping lokasi tersebut terdapat berbagai macam tanaman buah-buahan, juga ada hewan-hewan yang dipelihara ditempat tersebut untuk menambah daya tarik masyarakat untuk berkunjung," ujarnya.

Dia menambahkan, pada Batara Expo 2016 ini pihaknya juga memamerkan berbagai produk-produk makan olahan pertanian seperti tape ketan hitam, tape singkong, tape ketan biasa, keripik dan lainnya. Selain itu, juga memamerkan berbagai macam makanan olahan berbahan dasar ikan.

"Produk-produk makan olahan ini diolah oleh masyarakat dan Distankannak dalam hal ini membantu masyarakat untuk kemasannya agar menarik," katanya.

Batara Expo yang dibuka oleh Bupati Barito Utara, Nadalsyah pada Sabtu (3/12) malam itu diguyur hujan dan disertai angin kecang diikuti ratusan stand baik dari satuan kerja perangkat daerah, pihak swasta maupun para pedagang.