Duhh... Harga Kebutuhan Pokok Di Palangka Raya Naik, Apa Upaya Dari Pemerintah?

id Palangka Raya, Harga Kebutuhan Pokok, Sembako Naik, Apa Upaya Dari Pemerintah, Sahdin Hasan

Duhh... Harga Kebutuhan Pokok Di Palangka Raya Naik, Apa Upaya Dari Pemerintah?

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Palangka Raya Sahdin Hasan (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menjelang hari Natal dan tahun baru 2017 mulai "merangkak" naik dibanding beberapa hari sebelumnya.

"Pantauan saya di lapangan kemaren harga sejumlah bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan dengan besar bervariasi," kata Kepala Dinas Koprasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sahdin Hasan di Palangka Raya, Rabu.

Dia menerangkan di antara komoditi yang mengalami kenaikan harga di sejumlah pasar tradisional antara lain telur ayam ras dan bawang merah.

"Harga telur ayam ras pada Selasa kemaren naik Rp2.000 per kilogram. Sementara untuk bawang merah dari Rp35.000 menjadi Rp40.000 atau naik Rp5.000 per kilogram," kata Sahdin.

Dia menambahkan untuk harga bahan kebutuhan pokok lainnya di pasar kota Palangka Raya cenderung masih stabil, karena persediaan barang di pasar masih dalam kategori aman.

Sebagai langkah antisipasi melonjaknya harga barang di "Kota Cantik" ini, pemerintah Palangka Raya juga telah menggelar operasi pasar di sejumlah wilayah di kota ini.

"Untuk operasi pasar kami sudah laksanakan di Kelurahan Mungkubaru dan Kelurahan Marang. Untuk tahap selanjutnya akan kita gelar di Kecamatan Pahandut dan Kecamatan Sabangau," katanya.

Pihaknya pun juga telah bekerjasama dengan Bulog guna memastikan persediaan bahan pokok seperti beras, gula dan minyak goreng mencukupi keperluan masyarakat.

Sahdin pun mengimbau agar para agen dan pedagang tidak memainkan harga barang di atas kewajaran karena akan berdampak langsung terhadap daya beli masyarakat.