Astaga... Angin Puting Beliung Terjang Sampit, Warga Panik!!

id Astaga... Angin Puting Beliung Terjang Sampit, Warga Panik, sampit, kotim, angin puting beliung

Astaga... Angin Puting Beliung Terjang Sampit, Warga Panik!!

Angin puting beliung landa sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Angin puting beliung melanda Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, sehingga membuat masyarakat Sampit dilanda ketakutan.

"Kejadiannya tidak terlalu lama, tapi mengerikan. Angin puting beliungnya sangat kencang, bahkan ada pohon tumbang. Tadi kanopi di PPM (Pusat Perbelanjaan Mentaya) juga roboh," kata Budi, warga Sampit, Kamis.

Angin kencang terjadi sekitar pukul 15:00 WIB diawali hujan ringan. Angin kencang yang datang tiba-tiba membuat sejumlah pohon tumbang, seperti di Jalan HM Arsyad.

Angin kencang juga membuat kanopi di Pusat Perbelanjaan Mentaya juga roboh. Akibatnya, beberapa sepeda motor tertimpa kanopi sehingga mengalami kerusakan.

"Untungnya tadi hujan jadi warga umumnya berteduh sehingga tidak ada yang tertimpa pohon atau bangunan roboh. Jalan juga sempat terganggu," kata Budi.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Haji Asan Sampit, Nur Setiawan mengatakan, kecepatan angin saat kejadian tadi mencapai 24 knots atau sekitar 47km/jam. Angin bertiup dari arah Barat.

"Potensi angin kencang masih terjadi hingga tiga hari ke depan. Kami mengimbau masyarakat untuk waspada dan berhati-hati," kata Nur Setiawan.

Sebelumnya angin kencang ini terjadi, BMKG sudah mengeluarkan peringatan dini. Dalam siarannya, BMKG menginformasikan bahwa potensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada pukul 14.20 di Kabupaten Kotawaringin Timur yakni Samuda, Sampit, Mentawai, Kotabesi, Pelangsian dan Parenggean.

Cuaca buruk serupa juga berpotensi terjadi di daerah lain seperti Pagatan, Montalat, Kandui, Muara Teweh dan sekitarnya.

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 15.30 WIB.

Beberapa saat kemudian, BMKG kembali memperbarui informasinya. Cuaca buruk masih berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang di wilayah Samuda, Sampit, Mentawai, Kotabesi, Pelangsian, Pagatan, Parenggean, Tuwung, Buntut Bali, Pujon, Petak, Montalat, Kandui, Muara Teweh dan sekitarnya.

Cuaca buruk berpotensi meluas ke wilayah Kota Kasongan, Takaras, Bawan, Tumbang samba, Tewah, Kuala Kurun, Bukit rawi, Palangka Raya, Kalampangan, Tumbang Nusa, Jabiren, Pulang Pisau, Buntoi dan sekitarnya. Kondisi itu diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 16.30 WIB.

Nur Setiawan memperkirakan puncak hujan di wilayah Kotawaringin Timur dari klimatologinya pada Desember hingga dasaharian pertama Januari. Masyarakat diimbau selalu mewaspadai cuaca buruk.