Disperindag Kalteng Sebut Harga Komoditas Mulai Turun, Benarkah?

id Kalimantan Tengah, Disperindag Kalteng, Harga Komoditas Mulai Turun, Susana Ria Aden

Disperindag Kalteng Sebut Harga Komoditas Mulai Turun, Benarkah?

Ilustrasi (Ist)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalimantan Tengah Susana Ria Aden menyebut harga berbagai komoditas yang sebelumnya mengalami kenaikan mulai turun bahkan cenderung normal.

Pantauan staff di sejumlah pasar di Palangka Raya, harga cabai per kilogram yang sebelumnya Rp120 ribu sekarang ini hanya dikisaran Rp80 ribu hingga Rp90 ribu, kata Susana di Palangka Raya, Jumat.

"Harga daging ayam ras yang sebelumnya Rp45 ribu per kg menjadi Rp42 ribu sampai Rp40 ribu, bawang Rp34 ribu per Kg. Harga komoditas itu hasil pantauan kita hari ini. Jadi, sudah mulai turun," tambahnya.

Naiknya harga berbagai bahan pokok beberapa pekan kemarin di Kalteng diduga karena adanya puncak Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Palangka Raya, diikuti hari besar Natal, Maulid Nabi dan Tahun Baru.

Susana mengatakan, setelah selesai semua itu, harga berbagai komoditas kembali turun bahkan cenderung normal. Apalagi sekarang ini pasokan berbagai komoditas dari Provinsi Kalimantan Selatan maupun Pulau Jawa sudah kembali lancar.

"Sebenarnya kita di Kalteng ini aman-aman saja kalau mengenai harga komoditas, tapi karena gencarnya pemberitaan di media membuat masyarakat khawatir. Kita cek terus harga-harga di pasaran, tetap normal kok," ucapnya.

Kepala Disperindag Kalteng ini membenarkan bahwa berbagai komoditas masih sangat tergantung dengan Provinsi Kalteng maupun Pulau Jawa. Menyikapi hal itu, pihaknya terus berupaya agar distribusinya tetap lancar ke Kalteng.

"Walau ketergantungan tinggi dengan provinsi lain, tapi harga-harga tetap normal saja di Kalteng. Media saja yang terlalu membesar-besarkannya. Harga di Kalteng normal, kita sudah cek langsung," demikian Susana.