Senator : Pendidikan Pancasila Untuk Membentuk Karakter Penerus Bangsa

id Permana Sari, MPR RI, DPD RI, Senator RI, Ideologi Pancasila, Pramuka Kapuas, Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah, Provinsi Kalteng, Cinta Pancasila, Panc

Senator : Pendidikan Pancasila Untuk Membentuk Karakter Penerus Bangsa

Foto Bersama : Anggota MPR RI Provinsi Kalimantan Tengah Hj Permana Sari ketika melaksanakan Rapat Dengar Pendapat tentang penegasan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa, dengan para anggota berbagai Gugus Depan Pramuka, di Kuala Kapuas

Sebagai penerus bangsa, wajib hukumnya untuk menjaga kedaulatan dan persatuan negara.
Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Anggota MPR RI asal Provinsi Kalimantan Tengah Hj Permana Sari mengatakakan, pendidikan Pancasila kepada generasi muda adalah salah satu cara untuk membentuk karakter penerus bangsa, yang kuat, bersatu, cinta tanah air, dan siap mempertahankan Bhineka Tunggal Ika.

Hal itu disampaikannya dalam Rapat Dengar Pendapat tentang penegasan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa, dengan para anggota berbagai Gugus Depan Pramuka, di Kuala Kapuas, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pendidikan Pancasila saat ini terasa sudah mulai luntur, sebab begitu banyak permasalahan dan tindakan kriminal yang dapat merusak persatuan serta kesatuan berbangsa dilakukan oleh para generasi muda.

Oleh sebab itu, pendalaman mengenai pendidikan Pancasila perlu dilakukan sejak dini dan melalui semua unsur, tidak hanya disekolah tapi juga dalam organisasi, kegiatan sosial atau politik sehingga rasa kesatuan dan persatuan dapat terus bertahan.

"Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan agama, namun dari perbedaan tersebut semua dapat bersatu dengan berlandaskan Pancasila. Karena itu, kami berharap semua pihak dapat mengajarkan itu kepada para generasi muda," kata Permana Sari.

Ia mengingatkan, semua orang tidak boleh melupakan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, kemudian Undang-undang Dasar 1945 yang merupakan konstitusi negara.

Selain itu, ia juga meminta kepada kawan-kawan anggota Pramuka yang berada di Kabupaten Kuala Kapuas untuk dapat menyampaikan serta mensosialisasikan kembali masalah ini di lingkungan sekitarnya.

"Sebagai penerus bangsa, wajib hukumnya untuk menjaga kedaulatan dan persatuan negara. Artinya maju dan berkembangnya Indonesia tergantung bagaimana para pemuda dan pemudi yang ada dalam memimpin bangsa," ujar Permana.

Untuk itu, ia mengajak seluruh unsur elemen yang ada di masyarakat agar dapat menanamkan pendidikan Pancasila dan agama kepada anak-anak sejak dini.