Waduh! Tapal Batas Barsel-Bartim Masih Belum Jelas?

id Barito Selatan, Barsel, Buntok, Bartim, Tapal Batas, Sekda Barito Selatan Edi Kristianto

Waduh! Tapal Batas Barsel-Bartim Masih Belum Jelas?

Sekda Barsel, Ir Edy Kristianto (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Tapal batas antara kabupaten Barito Selatan dengan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah hingga kini masih belum jelas dan masih terkendala masalah di lapangan.

"Tapal batas antara Barito Selatan dan kabupaten Barito Timur masih belum jelas dan hingga kini masih terkendala," kata Sekda Barito Selatan Edi Kristianto di Buntok, Minggu.

Menurut dia, belum rampungnya tapal batas tersebut, lantaran banyaknya permasalahan yang terjadi di lapangan yang belum ada kesepakatan antar kedua belah pihak.

"Meskipun Kabupaten Barito Timur merupakan pemekaran dari Kabupaten Barito Selatan, akan tetapi masih belum juga ada kesepakatan tapal batasnya," ucap Edi Kristianto.

Menurut dia, sebelumnya sengketa tata batas ini sudah pernah ditentukan oleh Pemerintah Provinsi, akan tetapi Bartim tidak menerima hasil keputusan tersebut.

"Penyelesaian tata batas kemudian diserahkan Gubernur ke pusat dan saat pemerintah pusat menentukannya, giliran Barito Selatan yang tidak menerima, karena keputusan merugikan Barsel," ucap dia.

Setelah itu lanjut dia, Mendagri melalui Dirjen Pemerintahan umum menyerahkan kembali kepada Gubernur untuk menentukan tata batasnya.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat, tata batas ini akan segera selesai dan bisa mendapatkan kesepakatan yang disetujui oleh kedua belah pihak," demikian Edi Kristianto.