Mantap! Pemkab Kotim Bertekad Pertahankan Surplus Beras

id Kotawaringin Timur, Kotim, Sampit, Pemkab Kotim Bertekad Pertahankan Surplus Beras, Dinas Pertanian Kotim, I Made Dikantara

Mantap! Pemkab Kotim Bertekad Pertahankan Surplus Beras

Kepala Dinas Pertanian Kotawaringin Timur I Made Dikantara (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah bertekad terus mendukung petani meningkatkan produksi beras agar daerah ini bisa mempertahankan surplus beras.

"Target kami, produksi beras minimal 52.000 ton itu sudah swasembada dan sisanya kami mengejar surplus. Minimal mempertahankan surplus seperti tahun lalu," kata Kepala Dinas Pertanian Kotawaringin Timur I Made Dikantara, di Sampit, Minggu.

Tahun 2016, capaian luar biasa bagi Kotawaringin Timur dalam produksi beras. Daerah yang selama ini defisit beras, sehingga harus mendatangkan dari daerah lain, untuk pertama kalinya mampu swasembada, bahkan hingga surplus beras sekitar 3.000 ton.

Produksi terbesar di Kecamatan Teluk Sampit yang berkontribusi sekitar 35 persen produksi beras Kotawaringin Timur. Sisanya juga tersebar di sejumlah kecamatan di kawasan selatan, seperti Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara, dan Pulau Hanaut.

Pemerintah daerah ini juga makin gencar membantu pemasaran agar seluruh hasil panen bisa terserap.

Aparatur sipil negara juga didorong membantu membeli beras lokal, meski kontribusi para abdi negara itu hanya sekitar lima persen dari total pembeli.

"Selama ini pasarnya sudah ada yakni ke Palangka Raya dan Banjarmasin. Selain beras lokal yaitu siam epang, kini petani juga menanam padi jenis batang gadis yang menghasilkan beras dengan nasi yang pulen sesuai dengan permintaan pasar," kata Made pula.

Saat ini ada sekitar 800 kelompok tani yang tersebar di 17 kecamatan, dengan tiap kelompok terdiri dari 25 kepala keluarga.