Tapal Batas Barsel-Barut Sedang Ditinjau Ulang

id Barito Selatan, Barsel, Buntok, tapal batas, Sekda Barsel Edi Kristianto, Tapal Batas Barsel-Barut Sedang Ditinjau Ulang

Tapal Batas Barsel-Barut Sedang Ditinjau Ulang

Sekda Barsel Edi Kristianto

Buntok (Antara Kalteng) - Tapal batas antara kabupaten Barito Selatan dengan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah saat ini sedang dilakukan peninjauan ulang.

"Kabupaten Barito Selatan dan Barito Selatan sudah melakukan pertemuan dan akan meninjau ulang tapal batas kedua daerah ini," kata Sekda Barsel Edi Kristianto, di Buntok, Minggu.

Menurut dia, patok tapal batas antara Barsel dan Barut tersebut sebenarnya sudah ada, namun pihak Barut mengklaim ada di beberapa titik patok batasnya tidak sesuai dengan titik koordinat.

Selain dengan kabupaten Barito Utara, tapal batas antara kabupaten Barito Selatan dengan Kabupaten Barito Timur pun hingga kini juga masih belum jelas dan masih terkendala.

Ia mengatakan, belum rampungnya tapal batas tersebut lantaran banyaknya permasalahan yang terjadi dilapangan yang belum ada kesepakatan antar kedua belah pihak.

"Sebelumnya sengketa tata batas ini sudah pernah ditentukan oleh Pemerintah Provinsi, akan tetapi Barito Timur tidak menerima hasil keputusan tersebut," kata Sekda Barsel.

Penyelesaian tata batas kemudian diserahkan Gubernur ke pemerintah pusat beberapa waktu lalu, dan saat pemerintah pusat menentukannya, giliran Barito Selatan yang tidak menerima, karena keputusan merugikan Barsel.

Setelah itu lanjut dia, Mendagri melalui Dirjen Pemerintahan umum menyerahkan kembali kepada Gubernur Kalimantan Tengah untuk menentukan kembali tata batasnya.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat tata batas ini akan segera selesai dan mendapatkan kesepakatan yang disetujui oleh kedua belah pihak," demikian Edi Kristianto.