Toyota Komitmen Kembangan Industri Saat Bertemu Jokowi

id Borneo, Toyota Motor Corporation, Presiden TMC berkomitmen

Toyota Komitmen Kembangan Industri Saat Bertemu Jokowi

Presiden Toyota Motor Corp Akio Toyoda (kiri) pada 12 OKtober 2016. (REUTERS/Toru Hanai)

Jakarta (Antara Kalteng) -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan para pejabat Toyota Motor Corporation (TMC) yang dipimpin oleh presiden perusahaan itu, Akio Toyoda, di Istana Merdeka Jakarta, Senin.

Dalam kesempatan itu, Presiden TMC berkomitmen terus melakukan pengembangan industri di Indonesia, kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono usai mendampingi Aiko Toyoda.

Warih menyebutkan kunjungan Presiden TMC ke Presiden Jokowi merupakan kunjungan balasan setelah Presiden Jokowi mengunjungi Toyota di Jepang tahun 2015.

"Jadi ini adalah laporan kepada Pak Presiden mengenai komitmen Toyota Motor Corporation di Indonesia," ucapnya.

Ia menyebutkan TMC secara terus menerus berkomitmen memberikan kontribusi yang nyata bagi Indonesia. "Dalam hal ini kita sampaikan beberapa hal mengenai investasi, mengenai ekspor dan peningkatan pengembangan SDM," tuturnya.

Mengenai ekspor produksi Toyota di Indonesia ke Australia, ia mengatakan itu menjadi salah salah satu tantangan dan peluang agar dapat bersaing di pasar global.

"Kita akan terus bekerja sama dengan pemerintah dan seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) agar produk-produk kita ini pertama harus matchdengan customer requirement-nya Australia," ujarnya.

Ia menyebutkan investasi TMC terutama di 2015 dan 2016 itu di antaranya dalam pembangunan pabrik baru dan pengenalan model baru.

Sementara itu mengenai pengembangan infrastruktur di Indonesia, Warih mengatakan hal itu penting dilakukan di Indonesia.

"Itu akan secara langsung meningkatkan daya saing produk, kalau daya saing kita semakin bagus, pasti penerimaan negara pengimpor makin baik," kata Warih.