Karang Taruna Miliki Peranan Strategis Tangkal Bahaya Narkoba

id Barito Timur, Bartim, Rahmat Hamka, anggota DPR RI, Rahmat Hamka Nasution, perang narkoba, narkoba, tamiang layang

Karang Taruna Miliki Peranan Strategis Tangkal Bahaya Narkoba

Anggota DPR RI, Rahmat Nasution Hamka (kiri) berfoto bersama wartawan Antara Kalteng, Habibullah, di Kabupaten Barito Timur usai pengukuhan 226 kader karang taruna se Kabupaten Barito Timur, Kamis (16/3/17).

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Anggota DPR RI Rahmat Hamka Nasution menyatakan, Karang Taruna yang ada di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah memiliki peranan strategis dalam menangkal peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.

"Peranan karang taruna ini sangat strategis dalam menangkal bahaya narkoba yang hinggga kini sudah masuk kelini desa-desa," kata Rahmat usai mengikuti pengukuhan karang taruna Bartim di gedung pertemuan umum Mantawara Tamang Layang, Kamis.

Dia menjelaskan, karang taruna juga sangat berperan dalam membantu secara signifikan upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba.

Oleh karena itu, lanjut legislator Senayan dari PDI-P itu, perang terhadap narkoba yang sudah dicetuskan Gubernur Kalimantan tengah, H Sugianto Sabran perlu mendapatkan dukungan semua pihak.

"Ini saatnya untuk memulai pencegahan dan memerangi narkoba. Untuk karang taruna, diharapkan pula peranannya dalam memberantas narkoba," tandasnya.

Tidak hanya itu, pendidikan keagamaan yang dilaksanakan di sekolah hendaknya ditingkatkan yang berfungsi sebagai upaya pencegahan.

Oleh karena itu, diharapkan juga adanya penguatan pemerintah daerah kabupaten Barito Timur melalui dinas pendidikan untuk membentengi anak-anak khususnya pelajar dengan meningkatkan dan penguatan pendidikan kerohanian atau keagamaan.

Hal ini hendaknya mulai dilakukan pada anak-anak tingkat usia dini atau sekolah dasar hingga ketingkat yang lebih tinggi. Program keagamaan dan kerohanian juga diperlukan untuk membentengi generasi muda yang terkadang tidak terprogramkan secara baik.

"Dalam pengawasan dimana anak-anak pelajar pada pendidikan yang lebih tinggi akan mudah terkontaminasi dengan bahaya bahaya narkoba," demikian Rahmat Hamka.