Bupati Sukamara Akan Angkat Pelaksana Tugas Sekda

id Sukamara, Bupati Sukamara, Ahmad Dirman, Kaliamantan Tengah, Kalteng, Bupati Sukamara Akan Angkat Pelaksana Tugas Sekda

Bupati Sukamara Akan Angkat Pelaksana Tugas Sekda

Bupati sukamara H Ahmad Dirman (kiri depan) didamping beberpa pejabat saat memasuki aula kantor Bupati Sukamara (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, H Ahmad Dirman mengatakan kekosongan jabatan Kepala dinas maupun di beberapa Instansi yang ada akan diisi dengan ASN yang telah mengikuti asesmen yang dilaksanakan pemerintah, namun, untuk jabatan sekda sementara akan diangkat Pelaksana Tugas.

"Kalau untuk dinas-dinas yang ada kita menunggu hasil dari asesmen yang telah dilaksanakan, namun untuk jabatan sekda yang akan memasuki masa pensiun maka saya akan mengangkat pelaksana tugas," kata Dirman di Sukamara, Jumat.

Menurutnya, untuk mengangkat pelaksana tugas harus sesuai dengan prosedur yang berlaku selama ini, dimana nanti ada tim yang akan menjaring sebanyak tiga calon atau tiga nama yang akan diajukan kepada bupati untuk dijadikan pelaksana tugas.

Harus diketahu untuk jabatan sekda definitif tentu berdasarkan aturan-aturan yang ada dimana calon sekda harus memiliki persyaratan seperti, golongan atau pangkat sudah IV/C dan sudah menduduki jabatan eselon II di instansi yang berbeda dan sarjana, selain itu masih banyak persayaran lainnya yang harus dipenuhi untuk dapat ikut seleksi Sekda.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya calon pelaksana tugas yang nanti dipilih bukan hanya berdasarkan kedekatan emosianal semata akan tetapi yang paling utama adalah kinerja yang dilaksanakan selama ini juga sangat mempengaruhi.

Sedangkan untuk, sekda devenitif sudah diatur yaitu dilakukan lelang secara terbuka, dimana saja ASN yang sudah memenuhi syarat disilahkan untuk mengikuti proses pelelangan atau melalui asesmen yang juga hampir sama dengan apa yang diikuti oleh ASN yang dilaksanakan oleh pemerintah sukamara baru-baru ini.

"Untuk saat ini kita akan mengangkat pelaksana tugas saja, baru kemudian akan dilakukan asesmen atau pelelangan jabatan sekda secara terbuka," tegasnya