1.224 KPM Di Barsel Menerima Program Keluarga Harapan

id Barito Selatan, Barsel, buntok, Program Keluarga Harapan, program PKH, kalimantan tengah, kalteng

1.224 KPM Di Barsel Menerima Program Keluarga Harapan

Ilustrasi. Puluhan masyarakat Palangka Raya antri di Kantor Pos menunggu pencairan dana PKH, Sabtu, (18/4). (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Buntok (Antara Kalteng) - Sebanyak 1.224 Keluarga Penerima Manfaat di Barito Selatan, Kalimantan Tengah yang menerima dana dari Program Keluarga Harapan pada tahun 2017 ini.

"Ke-1.224 warga yang menerima Program Keluarga Harapan (PKH) itu berasal dari lima kecamatan," kata Kabid Perlindungan Rehabilitasi dan Jamsos pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Barito Selatan, Alip Suraya di Buntok, Selasa.

Ia mengatakan, lima kecamatan tersebut yakni Kecamatan Dusun Utara, Dusun Selatan, Kecamatan Gunung Bintang Awai, Kecamatan Dusun Hilir dan kecamatan Karau Kuala.

"Sedangkan Kecamatan Jenamas baru masuk dalam usulan sehingga pada tahun 2017 ini warga di kecamatan itu belum menerima PKH untuk tahun 2017 ini,"ucap Alip Suraya.

Ia menjelaskan, jumlah penerima manfaat PKH ini bertambah karena disabilitas dan lanjut usia juga masuk dalam PKH.

Karena sebelumnya yang menerima dana tersebut yakni khusus ibu dan anak. Yakni Ibu hamil dan menyusui, sedangkan untuk anak diberikan bantuan agar bisa sekolah mulai dari SD hingga SMA.

Untuk proses penyaluran dananya lanjut dia, akan dilakukan secara bertahap, serta lokasi pencairan dana PKH dilakukan di Kantor Pos yang ada di setiap kecamatan.

"Dalam proses pencairan nanti, akan dilakukan pendampingan agar warga yang menerima tidak kesulitan dalam menerima dana tersebut," jelas dia.

Bagi penerima PKH, kehadirannya akan dipantau dan jika ditemukan anak tidak masuk sekolah atau tidak memeriksakan diri ke puskesmas dengan alasan tidak jelas, maka dananya akan dipotong oleh pemerintah.