Kredit Bank Kalteng Seruyan Capai Rp200 Miliar

id seruyan, bank kalteng, penyaluran kredit di seruyan, kalimantan tengah

Kredit Bank Kalteng Seruyan Capai Rp200 Miliar

Bank Kalteng Cabang Kuala Pembuang saat menerima kunjungan Anggota DPRD Seruyan di Kuala Pembuang, Rabu (19/3), dan membahas tentang pertumbuhan angka kredit serta potensi ekonomi di kabupaten tersebut. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A.)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bank Kalimantan Tengah mencatat penyaluran kredit hingga akhir Februari 2017 di Kabupaten Seruyan mencapai Rp200,2 miliar.

"Total itu merupakan konsolidasi penyaluran kredit dari cabang dan cabang pembantu yang ada di Seruyan," kata Pemimpin Bank Kalteng Cabang Kuala Pembuang Tajudinnor Asra di Kuala Pembuang, Rabu.

Ia mengatakan, dari total tersebut sebagian besar kredit disalurkan melalui Bank Kalteng Cabang Pembantu Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau sebesar Rp60 miliar atau 30 persen.

"Lalu untuk Bank Kalteng Cabang Pembantu Rantau Pulut Kecamatan Seruyan Tengah karena baru dibuka jadi kredit yang disalurkan Rp2 miliar, sedang sisanya dari Bank Kalteng Cabang Kuala Pembuang," katanya.

Ia menjelaskan, kredit yang telah disalurkan kepada masyarakat di Seruyan secara garis besar terbagi menjadi dua, yakni kredit produktif dan kredit konsumtif.

Adapun penyaluran kredit produktif berupa modal untuk pengembangan usaha dan investasi sebesar 26 persen, dan penyaluran kredit konsumtif untuk kebutuhan perorangan sebesar 74 persen.

"Untuk Non performing loan (NPL) atau kredit bermasalah masih kecil yakni 0,15 persen, dan itu masih di bawah batasan NPL yang diizinkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar lima persen," katanya.

Ia menambahkan, untuk batas penyaluran kredit di tingkat Cabang Bank Kalteng hanya diperbolehkan maksimal Rp500 juta, dan untuk penyaluran kredit di atas Rp500 harus melalui kantor pusat.

"Pertumbuhan angka kredit di Seruyan sudah cukup baik yakni rata-rata 9 sampai 10 persen per tahun, dan kita optimistis pertumbuhan kredit akan terus meningkat seiring pertumbuhan ekonomi masyarakat dan peningkatan pelayanan Bank Kalteng itu sendiri," katanya.