BI dan Pemprov Kalteng Susun Strategi Kendalikan Inflasi

id kalimantan tengah, BI kalteng, Pemprov kalteng, pengendalian inflasi, TPID kalteng

BI dan Pemprov Kalteng Susun Strategi Kendalikan Inflasi

Instansi vertikal bersama satuan kerja perangkat daerah Pemprov Kalteng yang tergabung di TPID bersama DPRD Kalteng melakukan rapat untuk menyusun strategi agar harga komoditas dapat terkendali menjelang puasa dan lebaran, Palangka Raya, Rabu (29/3/2

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Bank Indonesia perwakilan Kalimantan Tengah bersama Pemerintah Provinsi setempat mulai menyusun dan mempersiapkan berbagai strategi agar inflasi dapat dikendalikan menjelang puasa pada Mei 2017.

Triwulan II diperkirakan permintaan masyarakat terhadap sejumlah komoditas mengalami peningkatan sehingga dari sekarang harus dilakukan antisipasi agar tidak terjadi kenaikan harga, kata Kepala BI Perwakilan Kalteng Wuryanto di Palangka Raya, Kamis.

"Koordinasi dari kita semua sangat penting, mengingat inflasi ini cukup luas pengaruhnya, karena tidak sekedar masalah daya beli masyarakat tapi juga masalah ekonomi. Untuk itu, perlu kita sikapi serius," kata Wuryanto.

Sementara itu, mewakili Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Kalteng Lubis Rada Imin mengatakan koordinasi memang sangat diperlukan agar perkembangan harga dan ketersediaannya dapat dipantau satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sesuai bidang masing-masing.

Dia mengatakan, karakteristik perbedaan kondisi wilayah, membuat beberapa daerah di provinsi ini memiliki komoditas yang berbeda-beda pula. Hal ini membuat terjadinya pertukaran komotidas lokal dalam bentuk perdagangan antar daerah di Kalteng.

"Tapi tidak jarang komoditas pangan lokal yang dihasilkan Kalteng tidak terserap sepenuhnya. Disamping itu terjadi kendala, di mana antara daerah yang surplus dan defisit beberapa komoditas tidak merata penyalurannya," kata Lubis.

Kepala Biro Ekonomi dan SDM Setda Kalteng ini pun menyebut kendala tersebut yang berpotensi membuat inflasi, sehingga harus menjadi perhatian serius SKPD di lingkungan Provinsi maupun kabupaten/kota.

Selain itu, dia mengatkan ada banyak hal yang menjadi perhatian dan strategi yang telah susun BI Perwakilan Kalteng bersama Pemprov saat High Level Meeting TPID Kalteng, Rabu (29/3).

"Setiap SKPD Provinsi maupun Kabupaten/Kota pun sudah mengetahui apa yang perlu dilakukan. Semoga inflasi bisa kita kendalikan menjelang hingga lebaran, sehingga masyarakat tidak kesusahan," demikain Lubis.