Jelang Ujian SD, Tim Disdikbud Lamandau Persiapkan Soal

id lamandau, ujian SD, disdikbud lamandau,

Jelang Ujian SD, Tim Disdikbud Lamandau Persiapkan Soal

Murid sebuah sekolah dasar (SD) di Kabupaten Lamandau saat sedang belajar di kelas. (Foto Antara Kalteng/Musa Reban)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Menghadapi ujian sekolah dasar (SD) tahun 2017, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, sedang mempersiapkan materi soal yang akan diujikan. 

"Soal dibuat oleh tim yang telah dibentuk dinas," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lamandau, Dr Meigo A Bassel MSi.

Ia menjelaskan berdasarkan kewenangan yang diberikan oleh pusat, pembuatan soal dipercayakan kepada daerah. Khusus untuk mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia dan Matematika, kisi-kisi soalnya 25 persen dibuat pusat dan 75 persen dibuat provinsi.

Disebutkannya, pembuatan soal dilakukan berdasarkan kisi-kisi yang sudah diterima sehingga persentasenya sesuai dengan ketentuan. "Saat ini sudah tahap penyelesaian, dan pada waktunya nanti siap digandakan," jelas Meigo, Rabu.

Dipaparkannya, sebelum dilakukan perbanyakan, soal yang sudah selesai dibuat oleh tim kabupaten akan diedit terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan baik pengetikan, pemberian tanda baca dan sebagainya.

Sedangkan untuk mata pelajaran lainnya, seperti pelajaran Agama, PKN, IPS serta pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan, soalnya akan langsung dibuat oleh tim kabupaten sesuai kondisi daerah, tanpa perlu acuan dari pusat maupun provinsi.

Dikatakannya, saat ini pihaknya terus mempersiapkan segala sesuatunya terkait ujian, dan sekolah terus mematangkan persiapan anak didiknya. Pengayaan materi pelajaran yang akan diujikan terus ditingkatkan, sehingga pada saatnya nanti siswa sudah siap.

Ia juga mengharapkan, tidak terjadi perpindahan anak didik yang duduk di semester akhir ini, sebab seorang siswa yang sudah terdaftar pada satu sekolah, namanya tidak bisa dipindahkan, sebab terdaftar sampai pusat.