Persib Kalah Dari Bali United, Walau Essien Dimainkan

id persib bandung, michael essien, bali united, persib lawan bali united, liga 1

Persib Kalah Dari Bali United, Walau Essien Dimainkan

Pesepak bola Persib Bandung Michael Essien (kanan) mengamankan bola dengan kawalan pesepak bola Bali United Marcos Flores (kiri) pada laga persahabatan Tarung Bintang Asli di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/4).

Bandung (Antara Kalteng) - Persib Bandung harus menelan kekalahan 1-2 dari Bali United dalam laga persahabatan bertajuk Tarung Bintang Asli menjelang bergulir kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1 Indonesia 2017, di Stadion Utama Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Sabtu malam. Michael Essien mulai dimainkan memasuki babak kedua.

Dua gol yang disarangkan Bali United dicetak oleh Irfan Bachdim pada menit ke-13, dan Yabes Roni pada menit ke-68. 

Sedangkan gol satu-satunya Persib dicetak oleh pemain anyar mereka Raphael Maitimo pada menit ke-87.

Jalan pertandingan babak pertama, Bali United langsung menggebrak pertahanan tim tuan rumah di menit-menit awal lewat tendangan bebas yang dilakukan Yabes Roni, namun sepakannya masih melambung. 

Bahkan, tak lama berselang, bomber asal Belanda Sylvano Comvalius yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper sepakannya masih mampu ditepis Deden Natsir.

Persib yang bermain di hadapan ribuan pendukungnya tidak bisa berbuat banyak, bahkan cenderung selalu berada dalam tekanan para pemain Bali United yang bermain apik. Serangan Persib beberapa kali mampu dipatahkan oleh barisan belakang Bali United yang rapat.

Pada menit ke-14 Irfan Bachdim berhasil menceploskan bola ke gawang Persib, usai akselerasinya menggiring bola hampir setengah lapangan dan diselesaikan dengan tendangan keras, skor Persib 0-1 Bali United.

Persib sempat mendapat peluang menyamakan kedudukan pada menit 21 andai Maitimo mampu memaksimalkan tendangan bebas, namun sepakannya masih melambung di atas mistar yang dijaga Kadek Wardhana. 

Pada sisi lain, Bali United juga sempat mendapat kesempatan menggandakan keunggulan, apabila sepakan Comvalius memanfaatkan umpan silang Yabes Roni tidak melambung. Babak pertama pun berakhir 1-0 untuk keunggulan Bali United.

Babak kedua, Persib langsung mengganti para pemain mereka untuk menambah daya gedor di lini depan. Pelatih Persib Djadjang Nurjaman langsung memainkan megabintang mereka Michael Essien menggantikan Angga yang tidak memberikan kontribusi di lini depan pada babak pertama.

Masuknya Essien membuat aliran bola Persib menjadi mencair dibanding pada babak pertama. Mantan pemain Chelsea tersebut menjadi jenderal lapangan serta penyeimbang lini kedua.

Meski begitu, Bali United kembali menambah keunggulan lewat Yabes Roni pada menit ke-68, usai memanfaatkan tepisan Deden hasil tendangan Handi, bola kemudian mengarah ke depan Yabes yang tanpa pengawalan berarti mampu mencocor bola. Persib tertinggal 2-0.

Tak ingin ketinggalan lebih jauh, Djanur sapaan akrab pelatih Persib memasukkan pemain marquee kedua mereka Carlton Cole menggantikan Atep.

Hasilnya pun terbukti, pada menit ke-87 Persib berhasil memperkecil ketertinggalan melalui umpan crossing dari Supardi yang kemudian dipantulkan Cole mengarah ke Maitimo, tanpa basa-basi melalui sepakan volinya bola bersarang di sudut gawang Bali United. Persib 1-2 Bali United.

Meski bertajuk laga persahabatan, tensi permainan begitu keras, Essien yang lama mencicipi liga Inggris sempat terpancing emosinya akibat ulah Yabes Roni yang seperti sengaja menendang bola ke arah Essien. 

Namun, hal itu tidak berlangsung lama, karena ulahnya Yabes Roni harus meninggalkan lapangan lebih awal, akibat mendapat akumulasi dua kartu kuning dalam pertandingan ini.

Hingga peluit panjang dibunyikan, tidak ada gol tambahan bagi kedua tim. 

Hasil pertandingan ini merupakan persiapan terakhir kedua klub untuk mengarungi kompetisi resmi Go-Jek Traveloka Liga 1 Indonesia yang akan digelar mulai 15 April 2017. 

Persib akan melawan Arema Cronus di Bandung, sedangkan Bali United akan bertamu ke kandang Madura United pada Minggu (16/4).