Ini Alasan Pembangunan Lift RSUD Muara Teweh Hingga 6,5 Bulan

id barito utara, barut, muara teweh, pemkab barut, dpupr barut, Fery Kusmiadi, pt jaya kontruksi, pembangunan rsud muara teweh, kalimantan tengah, kalten

Ini Alasan Pembangunan Lift RSUD Muara Teweh Hingga 6,5 Bulan

Kepala Dinas PUPR Barito Utara Fery Kusmiadi didamping Sekretaris Dinas Akhmad Doyen Alianor mendengarkan paparan realisasi pembangunan RSUD Muara Teweh diaula Dinas PUPR setempat belum lama ini (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah bersama kontraktor pemenang lelang pembangunan RSUD PT Jaya Kontruksi memaparkan perkembangan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh.

"Setelah melihat dan mendengar hasil paparan yang disampaikan oleh pihak Mitsubishi Elektrik, maka lift RSUD tersebut dapat dibangun dengan waktu selama 6,5 bulan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara (Barut) Fery Kusmiadi di Muara Teweh, Rabu.

Menurut Fery, proses pemesanan alat tersebut dari Jepang hingga perakitan dilakukan di Thailand, setelah itu proses pengiriman barang sampai ke Indonesia dan dikirim ke Kabupaten Barito Utara.

Sedangkan lama pemasangan peralatan tangga elektrik tersebut kurang lebih satu bulan. Dia menyatakan juga sudah melihat beberapa acuan seperti di rumah sakit Anshari Saleh Banjarmasin yang juga menggunakan tangga lift dari Mitsubishi Elektrik ini.

"RSUD ini nantinya hanya berfungsi dua lantai saja yakni lantai satu dan lantai empat," katanya.

Fery menjelaskan lantai dua, tiga dan lima masih kosong belum ada berkamar dan belum dapat difungsikan, akan tetapi bangunan RSUD terlihat sudah selesai. Namun RSUD ini ditargetkan selesai secara fungsional termasuk tangga lift.

Sejauh ini untuk progres kemajuan pekerjaan telah mencapai 18,67 plus 2,3 persen terhitung 23 April 2017 justru melebihi terget ditetapkan.

"Padahal target yang kita tetapkan ini hanya 16 persen saja, tetapi pekerjaan mereka malah telah mencapai 18 persen lebih. Artinya pekerjaan mereka melebihi target. Untuk tangga lift yang dipaparkan ini merupakan yang terbaru dan tercanggih dalam system elektrik yang mereka miliki simpel dan mudah dalam penggunaannya," jelasnya.

Dia juga mengatakan bahwa penggunaan tangga elektrik atau lift ini merupakan pertama kalinya ada di wilayah Kabupaten Barito Utara.

"Kita mengharapkan nantinya kalau ada kerusakan ada tenaga teknis yang bisa secepatnya untuk melakukan perbaikan," ujarnya.

Paparan ini dilakukan guna mengetahui bentuk keamanan penggunaan tangga lift serta perawatan, sebab yang di khawatirkan seperti kejadian lift dikota-kota besar, maka dari itu perlu dilakukan paparan sehingga tidak menimbulkan kecemasan masyarakat saat menggunakannya nanti.

Dalam kegiatan tersebut juga dipaparkan pembangunan lift/tangga elektrik RSUD Muara Teweh. Paparan perkembangan pembangunan Wing A RSUD ini juga dihadiri dari Mitsubishi Elektrik serta pihak menajemen kontruksi.Paparan tersebut disampaikan Nugroho dari Mitsubishi Elektrik.