Bursa Calon Ketua Kadin Kotim Mulai Ramai

id kadin kotim, kadin, ketua kadin kotim

Bursa Calon Ketua Kadin Kotim Mulai Ramai

Ketua Harian Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kotim, Susilo. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Menjelang Musyawarah Kabupaten Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, pada 15 Mei 2017, suasana organisasi pengusaha itu mulai diramaikan munculnya nama-nama calon ketua.

"Ketua Kadin harus orang yang benar-benar tepat dan mumpuni agar bisa mengayomi, membina dan memperjuangkan anggotanya. Ketua Kadin harus memiliki jaringan yang luas. Bukan cuma jago di kandang, tapi harus memiliki wawasan dan pergaulan di tingkat nasional, bahkan internasional," kata Gahara, seorang pengusaha muda di Sampit, Senin.

Menurut Gahara, seorang ketua Kadin menjadi harapan mengayomi dan memperjuangkan anggota. Untuk itulah perlu dipilih orang yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata dan sudah terbukti bisa dijadikan panutan bagi pengusaha lainnya.

Pengusaha jasa konstruksi itu mengapresiasi mulai munculnya sejumlah nama yang disebut-sebut berpeluang menjadi Ketua Kadin Kotawaringin Timur menggantikan Ansen Tue yang akan mengakhiri masa jabatannya. Gahara mengaku senang karena figur yang mulai mengemuka adalah tokoh yang mumpuni seperti Susilo.

Gahara mengaku mendukung Susilo menjadi Ketua Kadin Kotawaringin Timur. Susilo yang saat ini menjabat Ketua Harian Kadin Kotawaringin Timur dinilai memenuhi kriteria dan harapan untuk memimpin Kadin agar lebih baik.

"Pak Susilo itu wawasan dan jaringannya sampai ke luar negeri. Saya tentu menginginkan figur Ketua Kadin seperti dia. Kemampuannya sudah terbukti. Kalau posisi mapan seperti beliau itu, besar perhatian untuk memperjuangkan nasib anggota Kadin. Selama ini beliau juga sudah menunjukkan perhatiannya dalam membantu masyarakat dan pengusaha yang baru merintis usaha," ujar Gahara.

Secara internal organisasi, Susilo dinilai berkontribusi besar terhadap perjalanan Kadin Kotawaringin Timur karena dia terlibat dalam banyak kegiatan Kadin. Selain tingkat kabupaten, Susilo juga menjadi pengurus sejumlah organisasi pengusaha di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Susilo yang dikonfirmasi soal namanya disebut-sebut sebagai kandidat kuat bakal calon Ketua Kadin Kotawaringin Timur, mengaku sangat menghargai dukungan para pengusaha terhadap dirinya. Jika memang aspirasi sebagian besar pengusaha menghendaki seperti itu, maka dirinya siap mengemban amanah menjadi Ketua Kadin Kotawaringin Timur.

"Memang banyak yang menyampaikan dukungan. Saya secara pribadi, kalau memang kawan-kawan pengusaha menyampaikan aspirasi seperti itu, saya siap," kata Susilo.

Susilo menilai, Kadin menjadi wadah yang tepat bagi seluruh pengusaha untuk menyampaikan aspirasi dan bertukar pengalaman supaya sama-sama maju. Tidak boleh ada monopoli supaya semua mempunyai kesempatan yang sama untuk maju.

Pengusaha sukses ini menilai masih banyak peluang usaha yang belum digarap di Kotawaringin Timur. Selain perlu bersinergi dengan pemerintah daerah, pengusaha perlu sama-sama mengubah paradigma dan sistem agar bisa meningkatkan kemampuan, meski itu membutuhkan waktu.