Bupati Sukamara Tekankan Pendidikan Dinamis dan Program Diperbarui

id bupati sukamara, hardiknas di sukamara, pendidikan dinamis

Bupati Sukamara Tekankan Pendidikan Dinamis dan Program Diperbarui

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman, Ketua DPRD Sukamara Edi Alrusnadi, Kapolres Sukamara AKBP Raden Mangaraja Sinambela, Plt Sekda Sukamara H Sutrisno saat mengikuti Upacara Hardiknas tahun 2017 pada Selasa. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Bupati Sukamara H Ahmad Dirman mengatakan dalam bidang pendidikan Pemerintah Kabupaten Sukamara akan terus berbenah, karena pembangunan dalam bidang pendidikan tidak bersifat statis, namun dinamis. Oleh karena itu peningkatan kualitas pendidikan terus didorong pembaruan programnya.

"Banyak yang harus dibenahi di dunia pendidikan setiap tahunnya, karena dunia pendidikan bukan bersifat statis. Oleh karena itu programnya juga terus diperbaharui, mana saja yang perlu diperbaiki pelan-pelan dan itu tetap dilakukan pemerintah, dan harus ada inovasi karena pendidikan bersifat dinamis," kata Dirman usai mengikuti upacara Hari Pendidikan Nasional di Sukamara, Selasa.

Menurutnya, pemerataan pendidikan dari kota hingga ke desa bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, akan tetapi menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat,  sehingga pendidikan maju dan meningkatnya harus dikerjakan secara bersama–sama.

"Semua pihak harus bersatu untuk pendidikan yang lebih baik dari kota hingga ke desa. Intinya, tanggung jawabnya juga bukan hanya di pemerintah saja, namun juga di seluruh masyarakat di Kabupaten Sukamara ini," kata Dirman.

Dikatakannya, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersiap melakukan reformasi pendidikan nasional dalam pada tataran konseptual maupun manajerial, dimana diupayakan agar pendidikan karakter kembali menjadi pondasi dan ruh pendidikan di tanah air ini.

"Reformasi pendidikan nasional tersebut merupakan proses jangka panjang, sehingga perlu dilaksanakan secara sistematis, prosedural dan bertahap, disamping dukungan semua jajaran pelaksana pendidikan," ucap Dirman

"Dan yang tertuang dalam sambutan menteri Pendidikan dan Kebudayaan memang benar adanya dan sudah dilakukan sejak dulu, dimana proses pendidikan perlu berkelanjutan, terpadu dan berakar di bumi tempat dilangsungkannya proses pendidikan, seperti di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang saling berhubungan simbiosis dan tidak dipisahkan antara ketiga tersebut," tambahnya.