Waspada! 5 Wilayah Ini Rentan Terjadi Banjir, Kata Kepala BPBD Gumas

id BPBD Gunung Mas, HM Rusdi, Kalimantan Tengah, Kuala Kurun, Warga Gumas Waspadai Bencana Banjir, Kata Kepala BPBD Ini

Waspada! 5 Wilayah Ini Rentan Terjadi Banjir, Kata Kepala BPBD Gumas

Kepala BPBD Gunung Mas (Gumas), Kalteng Drs. HM Rusdi (Istimewa)

Kami minta masyarakat untuk selalu waspada dengan kondisi cuaca yang seperti in
Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) HM Rusdi mengingatkan kepada masyarakat setempat untuk mewaspadai bencana banjir akibat kondisi cuaca ekstrim seperti yang terjadi sekarang.

"Hujan deras disertai angin kencang dan petir bahkan dalam intensitas yang besar sering kali terjadi, oleh sebab itu masyarakat harus mewaspadai terjadinya banjir ditempat beberapa kawasan yang rentan," katanya, di Kuala Kurun, beberapa waktu lalu.

Baca : Waspadai Cuaca Ekstrem, Kata BPBD Gunung Mas

Menurutnya ada lima kecamatan yang wilayahnya cukup rentan terjadi banjir, yakni Kecamatan Kurun, Kahayan Hulu Utara, Tewah, Sepang, dan Kecamatan Rungan Hulu.

Sampai dengan saat ini pihaknya selalu memantau daerah atau wilayah yang dianggap rawan banjir dan pohon tumbang. Namun, berdasarkan pemantauan oleh anggota BPBD, semua masing dalam keadaan aman.

"Tapi kami tetap meminta kepada masyarakat ketika terjadi banjir dan ada pohon tumbang agar dapat segera menyampaikan masalah tersebut ke BPBD, sehingga dapat ditindaklanjuti," ujarnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dengan kondisi cuaca ekstrim seperti ini, karena tentunya sangat membahayakan dan mengancam keselamatan masyarakat.

"Kami minta masyarakat untuk selalu waspada dengan kondisi cuaca yang seperti ini, dan kalau bisa kurangi aktivitas di luar rumah ketika terjadi kondisi cuaca buruk," demikian Rusdi.