Mau Tiket Pesawat Murah ke Luar Negeri, Ini Triknya

id tiket pesawat murah, tiket pesawat ke luar negeri, tiket promo

Mau Tiket Pesawat Murah ke Luar Negeri, Ini Triknya

Ilustrasi. (REUTERS/Jean-Philippe Arles)

Jakarta (Antara Kalteng) - Kadang-kadang liburan ingin merasakan berwisata ke luar negeri. Tapi masalahnya tiket pesawat tidak murah,karenaya dikhawatirkan sampai jutaan dan untuk bolak balik bisa saja belasan juta per orangnya.

Namun sesungguhnya jika mau mendapat tiket pesawat ke mancanegara murah, perlu pandai-pandai memburu tiket murah. Dan tiket yang terjangkau kocek itu ada, bukan mustahil. 

Berikut beberapa trik mendapatkan tiket penerbangan murah untuk liburanmu ke luar negeri seperti dikutip dari Tunaiku.com:

1. Mencari tiket promo

Membeli iket promo seringkali jadi incaran wajib bagi traveler yang hendak ke luar negeri dengan biaya efisien. Banyak maskapai yang kerap menawarkan tiket promo, misalnya Citilink, Air Asia, dan Tiger Air.

Bahkan, kadang maskapai memberikan promo tiket dengan harga yang sangat murah hingga free seat!

Untuk mendapatkan tiket promo, rajin-rajinlah untuk mengunjungi situs resmi dari maskapai-maskapai tersebut. Jangan ragu pula untuk berlangganan newsletter maskapai terkait untuk memperoleh kabar terkini tentang tiket promo.

2. Memesan tiket jauh-jauh hari

Kalau kamu enggak mau menunggu hingga tersedia tiket promo, kamu masih bisa mendapatkan tiket yang lebih murah dengan memesannya sejak jauh-jauh hari. Tapi, kapan sebaiknya pemesanan dilakukan?

Berdasarkan penelitian dari CheapAir selama tahun 2015 yang menghimpun data tiga juta penerbangan domestik dan luar negeri, ditemukan bahwa waktu pemesanan yang paling ideal adalah 54 hari sebelum tanggal keberangkatan. Jadi, pastikan kamu sudah bersiap memesan tiket pada kisaran jangka waktu-waktu tersebut!

3. Saat mencari tiket secara online, gunakan fitur incognito tab pada perambanmu

Pernahkah kamu mendapati bahwa tiket yang baru saja kamu lihat di sebuah situs harganya sudah naik ketika kamu berkunjung untuk yang kedua kalinya?

Sejumlah situs pemesanan tiket online memang mencatat traffic kunjunganmu ke situs mereka. Untuk menghindari hal ini, kamu dapat menggunakan fitur incognito tab yang terdapat pada perambanmu. Opsi lain, hapus saja cache dan histori pada browser-mu.


4. Perhatikan bulan-bulan murah untuk lokasi tertentu

Harga tiket ke lokasi atau negara tertentu juga tergantung dari waktunya. Menurut riset dari Skyscanner, harga tiket penerbangan ke suatu negara akan jadi lebih murah pada bulan-bulan tertentu. Sebagai contoh, penerbangan ke Australia lebih murah saat bulan Mei, sementara Jepang pada bulan Juni.
 
5. Pilih penerbangan pada hari kerja

Jika memungkinkan, pilih jadwal penerbangan pada hari kerja. Soalnya, sudah jadi rahasia umum jika harga tiket akan lebih mahal pada saat weekend maupun hari libur.

Jadi, ketika ada masa long weekend yang ingin kamu manfaatkan untuk berlibur ke luar negeri, cobalah sekalian ambil cuti di hari kerja untuk berangkat.