Kamis, 29 Juni 2017

2 Kades Asal Kapuas Diundang Ikut Rakernas Bersama Presiden RI, Kok Bisa?

id kades asal kapuas, bupati kapuas, rakernas bersama presiden
2 Kades Asal Kapuas Diundang Ikut Rakernas Bersama Presiden RI, Kok Bisa?
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Kadis PMD Ibak saat hadir pada malam ramah tamah dengan kades dan perangkatnya ketika Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskeudes Angkatan I Tingkat Kabupaten Kapuas di Palangka Raya, Senin (15/5) malam. (Foto Kominfo)
Kuala Kapuas (Antara Kalteng)  - Dua kepala desa (Kades) dari Kabupaten Kapuas terpilih untuk mengikuti Rapat Kerja Nasional dengan Presiden RI pada tanggal 18 Mei 2017 di Jakarta.

Undangan ini karena Kabupaten Kapuas merupakan kabupaten terbanyak pengguna aplikasi Sistem Keuangan Desa (siskeudes) yang dinilai mampu membantu kepala desa dalam pengelolaan dana desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas, Ibak, mengatakan salah satu kepala desa terpilih di antaranya adalah Kades Bungai Jaya atas nama Kadiman dari Kecamatan Basarang. 

"Beberapa waktu lalu BPKP Pusat bersama BPKP Perwakilan Kalteng langsung ke Desa Bungai Jaya untuk meninjau pengoperasian aplikasi tersebut," kata Ibak.

Selain Kades Bungai Jaya yang dibawa ke Jakarta, Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Kabupaten Kapuas yakni Kades Teluk Palinget Kecamatan Pulau Petak atas nama Rahwandi juga turut serta. 

"Mereka diundang Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2017 yang rencananya dihadiri langsung oleh Bapak Presiden," ungkap Ibak.

Sementara itu Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengaku bangga dengan Kabupaten Kapuas yang selalu tampil di kancah nasional dan merupakan satu-satunya kabupaten yang masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

"Ini membanggakan sekaligus menjadi motivasi agar kita bekerja lebih baik lagi untuk kemajuan daerah," kata Ben. 

Dari 99 peserta tersebut dipilih kembali Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017. "Kita bisa masuk TOP 99 sudah merupakan prestasi, semoga mendapat hasil terbaik, " ucapnya.

Sebelumnya saat pembukaan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Angkatan I Tingkat Kabupaten Kapuas, Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalteng Drs Herman Hermawan mengatakan untuk Kalteng ada dua daerah yang diundang yakni Bupati Kapuas dan Bupati Gunung Mas.

Kriteria pemda yang diundang antara lain yang telah menggunakan aplikasi Siskeudes secara penuh dalam pengelolaan keuangan desa, yaitu pemda yang seluruh desanya menggunakan aplikasi Siskeudes mulai dari perencanaan dan penganggaran, penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan serta laporan keuangan desanya telah dikompilasikan pada tingkat kabupaten. 

Editor: Zaenal A.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga