Wakil Gubernur Jadi Irup HUT Satpol PP di Bartim

id HUT Satpol PP kalteng, wagub kalteng, ismail

Wakil Gubernur Jadi Irup HUT Satpol PP di Bartim

Wagub Kalteng Habib H Said Ismail disambut potong pantan saat bertandang ke Bartim dalam memperingati hari HUT Satpol PP ke 67 dan Linmas Ke 55 di Bartim, Kamis. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Ismail menjadi inspektur upacara (Irup) dalam memperingati HUT Satpol PP ke-67 dan Linmas ke-55 yang dipusatkan di Kabupaten Barito Timur, Kamis. 

Kedatangan orang nomor dua di Bumi Tambun Bungai itu disambut dengan potong pantan yang dikawal damang. 

"Saya sangat mengapresiaisi kinerja Satpol PP dan dalam bertambahnya usia Satpol PP saya mengharapkan Satpol PP semakin bermanfaat bagi bangsa dan negara," ucapnya saat memberikan amanah diatas podium. 

Menurutnya, Satpol PP memiliki manfaat untuk menjalankan tugas dan fungsinya sesuai ketentuan perundangan yang berlaku. 

"Saya juga mengimbau agar Satpol PP untuk melaksanakan kerjasama masif dan kondusif yang ada di Kalimantan Tengah ini dan mengubah sifat birokrasi dari dilayani menjadi melayani," katanya. 

Ia menjelaskan bahwa UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah telah memberikan keleluasaan Pemeribtah Daerah utntuk membuat Peraturan Daerah yang berkaitan dengan kondisi daerah.

Namun perda yang dibuat atau dihasilkan adalah Perda yang implemtatif dan tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

Selain itu, perlu pula ada penguatan sarana dan prasarana Satpol PP diperkuat untuk mengawal kinerja oemerintah dan memperkuat pengawalan demokrasi di setiap wilayah di Kalimantan Tengah

"Saya meminta agar Pemerintah juga mendorong komunitas intelejen daerah (Kominda) bekerja dengan cepat, akurat dan kuat yang merupakan adalah satu komponen yang bersinggungan langsung dengan masyarakat," katanya. 

Wagub yang memakai pakaian dinas Satpol PP itu juga mengatakan, Mendagri telah memutuskan pelatihan di Rokan Hilir, Riau. Tujuannya untuk menciptakan Satpol PP yang terukur dan terarah

"Saya minta Kepala Daerah mendapat dukung pusat pelatihan Satpol PP dengan menyiapkan anggaran dan anggota untuk menjadi anggota Satpol PP yang baik dan handal," katanya.