Polisi Razia Kendaraan di Jalan Tjilik Riwut, Ada Apa?

id polda kalteng, operasi patuh telabang,

Polisi Razia Kendaraan di Jalan Tjilik Riwut, Ada Apa?

Anggota Ditres Narkoba Polda Kalteng melakukan pemeriksaan terhadap puluhan supir yang melintas di Jalan Tjilik Riwut Km 5,5 guna menekan masuknya narkoba ke Kalteng, Sabtu (20/5). (Foto Antara Kalteng/Abow)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Untuk mencegah masuknya narkoba ke Kota Palangka Raya, Polda Kalimantan Tengah menggelar razia gabungan dengan cara memeriksa puluhan kendaraan roda dua, empat dan enam di ruas Jalan Tjilik Riwut Km 5,5.

"Dari razia gabungan ini Direktorat Lalu Lintas melakukan pemeriksaan terhadap roda dua, sedangkan Direktorat Narkoba memeriksa barang bawaan roda empat sampai roda enam. Bahkan supirnya juga turut dilakukan tes urin guna mengambil sampel," kata Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Kalteng, AKBP Heri Kiswanto, di Palangka Raya, Sabtu.

Razia gabungan Operasi Patuh Telabang dan Antik tersebut dilaksanakan di halaman Stadion Tuah Pahoe selama tiga jam. Kegiatan tersebut juga melibatkan anggota Brimob bersenjata lengkap serta anjing pelacak untuk memeriksa barang bawaan dalam mobil.

"Dalam penindakannya operasi yang melibatkan dua jajaran di Polda setempat, tentunya sesuai dengan fungsinya masing-masaing. Kalau pelanggaran pengendara yang tidak membawa surat-menyurat kendaraan sudah pasti dilakukan sanksi tilang dan dimasukkan dalam data base e-tilang polda setempat," katanya.

Sedangkan supir roda empat dan enam ketika terbukti ada mengkonsumsi obat-obatan, maka yang bersangkutan bakal menjalani pemeriksaan lebih lanjut oleh Ditres Narkoba setempat, ucapnya.

Ditegaskan Heri, dalam razia tersebut tidak hanya narkoba jenis sabu saja yang dicari oleh pihaknya, melainkan semua bahan berbau narkoba yang dapat merusak bagi pengkonsumsinya, tetap diciduk. Untungnya dalam operasi tersebut sama sekali tidak ada yang terjaring.

"Pelanggar setiap harinya yang kita tindak tegas lantaran melanggar sekitar 450 pengendara. Itu rata-rata mereka ada yang melanggar jalan, tertangkap ketika melakukan razia dan lain sebagainya," kata Heri.

Berdasarkan pantauan di lapangan, pemeriksaan tidak hanya dilakukan terhadap barang bawaan saja. Melainkan bawaan di badan supir juga digeledah oleh petugas.