Operasional Dermaga Pelangsian Tahun Depan?

id dermaga pelangsian, bupati kotim, pelabuhan sampit

Operasional Dermaga Pelangsian Tahun Depan?

Dermaga Pelangsian sudah rampung pada akhir 2015, namun hingga kini belum difungsikan. Masyarakat berharap dermaga ini segera difungsikan agar berdampak pada perekonomian masyarakat. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, mematangkan persiapan pengoperasian Dermaga Pelangsian yang ditargetkan bisa terlaksana tahun 2018.

"Kami sudah mengukur panjang dermaga dan dipastikan bisa untuk sandar kapal roro. Dalam APBD Perubahan nanti akan diupayakan membangun atap sehingga tahun depan bisa dioperasikan," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Sabtu.

Awalnya pemerintah daerah ingin mengoperasikan dermaga yang terletak di Desa Pelangsian Kecamatan Mentawa Baru Ketapang itu mulai tahun ini. Namun perusahaan pelayaran meminta waktu untuk persiapan hingga 2018.

Pemerintah daerah juga sudah meminta PT Pelindo III untuk memindahkan aktivitas bongkar muat barang dan penumpang Pelabuhan Sampit dari Terminal Sampit ke Terminal Bagendang. Jika Pelindo III hanya memindahkan aktivitas bongkar muat barang, Supian berencana mengusulkan pembangunan terminal penumpang di Dermaga Pelangsian sehingga aktivitas kapal penumpang bisa dipindah ke Dermaga Pelangsian.

Pemerintah daerah berharap seluruh aktivitas kapal di Terminal Sampit Pelabuhan Sampit dipindah. Saat ini hilir mudik angkutan barang dan kendaraan besar dari Terminal Sampit melintasi jalan-jalan dalam kota, dinilai rawan memicu kemacetan dan kecelakaan, serta membuat jalan cepat rusak.

"Tahun 2018 nanti tidak boleh lagi kendaraan besar dan alat berat masuk kota. Apalagi, Taman Kota akan diberi gapura yang sangat rendah sehingga kendaraan besar tidak bisa lewat. Pemerintah daerah ingin menjadikan Taman Kota menjadi taman keluarga," kata Supian.

Dermaga Pelangsian dibangun pada 2014 menghabiskan dana APBN. Pembangunan selesai pada akhir 2015, namun hingga kini belum difungsikan.

Saat ini di lokasi yang sama juga ada bangunan pasar tradisional yang biasa buka setiap hari Minggu. Jika dermaga difungsikan, masyarakat yakin kawasan itu akan ramai aktivitas perekonomian masyarakat.

Unit Pelaksana Teknis Dermaga Pelangsian sudah dibangun di kawasan dermaga tersebut. Namun kantor yang memiliki tujuh pegawai itu belum ada aktivitas berarti karena dermaga memang belum difungsikan.

Supian berharap pengoperasian Dermaga Pelangsian bisa berjalan lancar. Harapannya, meningkatnya aktivitas di dermaga akan berdampak besar terhadap perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Desa Pelangsian.