Dana Hilang dan Denda Ini Menunggu MU Bila Gagal Masuk Liga Champions

id manchester united, adidas, liga champions

Dana Hilang dan Denda Ini Menunggu MU Bila Gagal Masuk Liga Champions

Jose Mourinho pelatih klub sepakbola Manchester United (MU). (Reuters)

Manchester (Antara Kalteng) - Klub Inggris Manchester United akan kehilangan dana sebesar £50 juta atau sekitar Rp860 miliar jika tidak bisa mengalahkan Ajax di final Liga Eropa, 24 Mei mendatang di Stockholm, Swedia.

Juara Liga Eropa menjadi tinggal satu-satunya cara United untuk lolos ke Liga Champions karena tidak mungkin lagi masuk dalam empat besar Liga Primer, yang menjamin tempat di Liga Champions, ddemikian dilansir BBC.

Jika sampai dua kali berturut-turut gagal lolos ke Liga Champions, maka mereka akan kena denda £21 juta berdasarkan kesepakatan kontrak 10 tahun dengan Adidas, yang bernilai £750 juta atau sekitar Rp12,8 triliun.

Kegagalan untuk lolos ke Liga Champions juga membuat United kehilangan pemasukan £30 juta.

"Bagi kami, hadiah yang lebih besar adalah Adidas dan Liga Champions," kata Cliff Baty, pejabat keuangan Manchester United.

Dia menambahkan, United mengharapkan pemasukan antara £40 juta hingga £50 juta di Liga Champions, jauh besar jika turun di Liga Eropa dengan nilai sekitar £15 juta-£20 juta.

Dengan merebut Liga Eropa, klub asuhan Jose Mourinho tersebut akan memperoleh hadiah £6,5 juta, sedangkan sebagai juara dua hanya mendapat £3,5 juta.

Selain hadiah sebagai juara atau peringkat dua, United juga mendapat sekitar £7 juta karena turun di Liga Eropa.

Manchester United lolos ke Liga Eropa musim ini karena merebut Piala FA pada musim sebelumnya, ketika masih di bawah asuhan Louis van Gaal.

Saat ini mereka berada di peringkat enam dan dengan sisa dua pertandingan maka paling mungkin naik ke peringkat lima, yang menjamin tempat di Liga Eropa musim depan.