Mantap! Peserta Pasar Ramadhan di Sampit Meningkat Tajam

id Peserta Pasar Ramadhan di Sampit Meningkat Tajam, Pasar Ramadhan, kotawaringin timur, pasar ramdhan sampit

Mantap! Peserta Pasar Ramadhan di Sampit Meningkat Tajam

Foto Dokumentasi: Sejumlah pedagang meramaikan Pasar Ramadhan di kawasan Taman Kota Sampit Kabupaten Kotim. Tampak Wakil Bupati, HM Taufiq Mukri dan Ketua DPRD, Jhon Krisli meninjau Pasar Ramadhan usai pembukaan, Rabu (10/7) sore (Foto Antara Kalteng

Sampit (Antara Kalteng) - Pasar Ramadhan ternyata diminati pedagang di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, sehingga jumlah pedagang yang ingin ikut berjualan di pasar tahunan itu terus meningkat.

"Pasar Ramadhan di Sampit ini biasanya terdapat di banyak lokasi. Tapi mungkin pedagang melihat Pasar Ramadhan di kawasan Taman Kota yang difasilitasi pemerintah daerah itu selalu ramai pengunjung sehingga menguntungkan, makanya makin banyak yang ingin bergabung," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kotawaringin Timur Mudjiono di Sampit, Minggu.

Pasar Ramadhan akan kembali dilaksanakan di samping Taman Kota Sampit atau depan pertokoan eks Bioskop Mentaya. Pembukaan pasar kuliner itu rencananya dilaksanakan pada 27 Mei atau hari pertama bulan suci Ramadhan.

Jumlah pedagang yang mendaftar sudah sebanyak 115 orang, lebih banyak dibanding jumlah pedagang tahun lalu yang hanya 90 orang. Jumlah pedagang yang mendaftar diperkirakan masih akan bertambah karena antusias pedagang meningkat.

Pemerintah daerah akan memfasilitasi dengan menyiapkan tenda dan keperluan lainnya secara gratis. Semua pedagang akan ditampung selama lokasinya memungkinkan.

"Tenda kami hanya 20 buah. Nanti akan kami tawarkan, apakah pedagang sendiri yang mencari sisanya atau kami fasilitasi supaya semua tenda seragam sehingga terlihat bagus. Lapak yang disiapkan nanti diupayakan lebih banyak untuk mengantisipasi peserta tambahan dan supaya ukuran lapak lebih luas," kata Mudjiono.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah tidak memungut bayaran dari pedagang. Pengelolaan dipercayakan kepada pedagang untuk mengatur iuran yang akan mereka gunakan untuk pemasangan instalasi dan penggunaan listrik, upah keamanan dan kebersihan.

Yang membanggakan, pedagang sudah menyampaikan niat mereka menyisihkan sebagian penghasilan untuk disumbangkan kepada anak yatim. Kegiatan amal itu sebagai bentuk kepedulian dan rasa syukur mereka atas penghasilan selama berjualan di Pasar Ramadhan.

Pasar Ramadhan biasanya selalu dipadati pengunjung yang ingin memanjakan lidah berwisata kuliner. Tidak hanya umat Islam yang ingin menyiapkan keperluan untuk berbuka puasa, Pasar Ramadhan juga banyak didatangi warga dari umat agama lain yang ingin menikmati berbagai makanan dan minuman.