Hebat! Pulang Pisau Raih Terbaik Pertama Pemanfaatan Perkarangan

id Pulang Pisau Raih Terbaik Pertama Pemanfaatan Perkarangan, kabupaten Pulang Pisau, Ketua TP PKK Kabupaten Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani Pratowo

Hebat! Pulang Pisau Raih Terbaik Pertama Pemanfaatan Perkarangan

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo, Ketua TP PKK Hj Nunu Andriani, Kepala DPMDes Syaripul Pasaribu bersama para perwakilan pemenang berbagai lomba desa tingkat Provinsi Kalteng yang dipusatkan di Desa Eka Bahurui Kabupaten Kotawaringin Timur (Foto Pr

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - TP PKK  Kabupaten Pulang Pisau keluar menjadi pelaksana terbaik pertama lomba pemanfaatan halaman perkarangan atau Hatinya PKK tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang diraih Desa Kanamit Jaya, Kecamatan Maliku. 

Penyerahan tropi dilaksanakan dalam puncak peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BGGRM) ke-14, Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-45 dan Hari Keluarga Nasional ke-24 yang dipusatkan di Desa Eka Bahurui Kabupaten Kotawaringin Timur, Selasa (23/5).

Ketua TP PKK Kabupaten Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani Pratowo, Rabu, mengatakan bahwa sebagai pelaksana terbaik pertama diharapkan bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya untuk bisa memanfaatkan perkarangan yang dimiliki dengan tanaman yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis.

"Penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi para kader PKK di masing-masing desa untuk bisa menjadi motor penggerak untuk memanfaatkan lingkungannya," kata Nunu Andriani, Rabu.

Melalui Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-45, kata Nunu Andriani, bagaimana bisa mendorong peningkatan kualitas keluarga. Peningkatan kualitas keluarga itu, harus dilakukan dengan terukur dan terarah sehingga diperoleh hasil yang maksimal untuk membuahkan keluarga yang kuat dan sejahtera. 

"Selain itu menjalin komitmen dengan pemerintah setempat, swasta, masyarakat  dalam mewujudkan pemberdayaan kesejateraan keluarga yang berkelanjutan," katanya.

Ia menjelaskan, bahwa keluarga adalah inti pembentuk Negara yang perlu mendapatkan perhatian karena sebagai lingkungan utama pembentuk karakter dan kepribadian. Selain memiliki fungsi strategis dalam menumbuhkan nilai-nilai kehidupan.

Beberapa penghargaan lain yang diperoleh Kabupaten Pulang Pisau dalam lomba tingkat Provinsi Kalteng adalah Juara kedua Keluarga Cuming atau lomba keluarga harmonis dalam rangka anugrah kencana.
 
Juara kedua lomba karya tulis kependudukan yang diraih Ahmad Fauzi. Juara ketiga lomba pasar desa terbaik yang diraih Pasar Rabu Desa Garantung, Kecamatan Maliku. Juara kedua pelaksana terbaik gotong royong masyarakat desa yang diraih Desa Sidodadi, Kecamatan Maliku.