Bupati Barsel Minta Camat Lebih Peka, Ada Apa?

id bupati barsel, eddy raya samsuri, camat barsel

Bupati Barsel Minta Camat Lebih Peka, Ada Apa?

Bupati dan Wakil Bupati Barsel, Eddy Raya SamsuriT dan Satya Titiek Atyani Djoedir seusai apel perdana bersama ASN di halaman kantor Bupati setempat di Buntok, Jumat (26/5). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri meminta camat di wilayah setempat agar lebih peka dengan semua persoalan yang terjadi di masyarakat.

"Kalau ada permasalahan di masyarakat, kapan perlu camat turun langsung temui masyarakat,"  katanya saat memimpin apel perdana dengan Aparatur Sipil Negara(ASN), di Buntok, Jumat.

Hal tersebut agar segala permasalahan yang terjadi di masyarakat bisa segera diselesaikan dengan baik, dan jangan sampai persoalan sudah melebar kemana-mana baru dicarikan solusinya.

"Tolong ditata wilayahnya, harus ada maklumat terkait kebersihan, kesehatan, pendidikan pajak, serta zona bebas pungutan liar (pungli) dan lainnya," ucap Eddy Raya Samsuri.

Camat juga, lanjut dia, diminta mengingatkan kelurahan dan desa agar membuat inovasi dan menerapkan transparansi supaya mampu menjalankan kerangka acuan visi misi yang sudah dicanangkan.

"Karena, kinerja dari Camat, Lurah dan Kepala Desa akan terus saya lakukan pemantauan dan akan terus dilakukan evaluasi serta penilaian,"ujar Bupati Barito Selatan itu.

Selain itu ia juga meminta Lurah dan Kepala Desa didaerah itu agar terus membina, mengendalikan dan mengawasi sesuai kewenangannya terhadap setiap pelaksanaan administrasi dilapangan.

"Cek kegiatan di lapangan yang sedang dilaksanakan dan jangan memberikan rekomendasi apapun ke Kabupaten sebelum dibuktikan terlebih dahulu di lapangan,"tambah dia.

Lurah dan Kepala Desa juga diharapkan ikut memfasilitasi ketika penentuan program kegiatan yang dilaksanakan melalui musyawarah. Cek kelapangan ketika ada permohonan pencairan bantuan setiap tahapan.

"Buktikan titik lokasi sesuai dalam proposal yang masuk tahap awal, serta memonitor pelaksanaan terhadap program kegiatan yang telah disepakati dalam musyawarah," tambah dia.

Hal tersebut dilakukan agar pelaksanaan program pembangunan bisa berjalan secara total sehingga bisa membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Barito Selatan ke depannya.