Barcelona Sukses Raih Trofi Piala Raja Tiga Kali Beruntun

id piala raja spanyol, copa del rey, barcelona, barcelona lawan alaves

Barcelona Sukses Raih Trofi Piala Raja Tiga Kali Beruntun

Para pemain Barcelona merayakan gol ke gawang Alaves dalam laga final Piala Raja Spanyol di Stadion Vicente Calderon, Madrid, Spanyol, Minggu pagi WIB (28/5/2017). (twitter.com/fcbarcelona_es)

Madrid (Antara Kalteng) - Barcelona berhasil meraih juara Piala Raja Spanyol (Copa del Rey) setelah mengalahkan Alaves, dengan skor 3-1,  di partai final yang berlangsung di Stadion Vicente Calderon, Madrid, Spanyol, Minggu pagi WIB.

Hasil itu membuat tim asuhan  Luis Enrique sukses menjuarai Piala Raja dalam tiga tahun beruntun, sekaligus menajamkan rekor Barcelona sebagai pengoleksi trofi terbanyak kompetisi tersebut dengan keberhasilan keluar sebagai juara sebanyak 29 kali.

Kemenangan Barcelona di Piala Raja Spanyol itu sekaligus menjadi kado terakhir dari dan untuk Luis Enrique, yang memutuskan mengundurkan diri sebagai pelatih di salah satu klub papan atas Negeri Matador tersebut. 

Alcacer, yang didapuk mengisi lubang yang ditinggalkan Luis Suarez di lini depan Barcelona, sukses memberikan kontribusinya baik dalam trio penyerang mendampingi Lionel Messi dan Neyman maupun sebagai pencetak satu dari tiga gol kemenangan.

Barcelona harus kehilangan Javier Mascherano di awal-awal laga lantaran luka di kepalanya akibat benturan dengan Marcos Llorente dalam sebuah duel perebutan bola udara.

Andre Gomes yang masuk menjadi pengganti sukses menjadi salah satu pemain penting karena mengirimkan satu assist di laga tersebut.

Messi membuka keunggulan Barcelona pada menit 30, kala berhasil menyelesaikan kerja sama satu dua sentuhan dengan Neymar lewat tembakan cantik yang tak mampu dijangkau penjaga gawang Fernando Pacheco.

Alaves yang musim ini tampil baik di bawah arahan pelatih Mauricio Pellegrino memberikan perlawanan dengan menjawab gol tersebut tiga menit berselang, lewat eksekusi tendangan bebas Theo Hernandez yang sukses menaklukkan penjaga gawang Jasper Cillessen demi menyamakan kedudukan 1-1.

Namun, Barcelona berhasil merebut kembali keunggulan lewat dua gol di pengujung babak pertama dari kaki Neymar dan Alcacer.

Neymar lebih dulu membawa Barcelona unggul 2-1 saat memanfaatkan umpan dari Andre Gomes pada menit 45.

Lantas pada menit 45+3, Alcacer membungkam keraguan yang sempat ditujukan kepadanya dengan penyelesaian tanpa cela menyambut umpan terobosan nan indah dari Messi. 

Pada menit 71, Deyverson sempat menyarangkan bola ke dalam gawang untuk Alaves, namun gol tersebut dianulir karena ia divonis berada dalam posisi offside oleh hakim garis.

Susunan pemain kedua tim seturut laman Marca:

Barcelona (4-3-3): Jasper Cillessen (PG); Javier Mascherano (Andre Gomes), Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Andres Iniesta; Lionei Messi, Paco Alcacer, Neymar.
Pelatih: Luis Enrique.

Alaves (5-4-1): Fernando Pacheco (PG); Kiko Femenia, Vigaray, Rodrigo Ely, Zouhair Feddal, Theo Hernandez; Edgar Mendez, Marcos Llorente, Manu Garcia, Ibai Gomez; Deyverson.
Pelatih: Mauricio Pellegrino.