Borussia Dortmund Sukses Raih Trofi Piala Jerman

id Borussia Dortmund, Piala Jerman, DFB Pokal

Borussia Dortmund Sukses Raih Trofi Piala Jerman

Trofi Piala Jerman yang dipajang jelang partai final edisi 2016-2017 antara Eintracht Frankfurt kontra Borussia Dortmund di Stadion Olimpiade, Berlin, Jerman, Minggu (27/5/2017) pagi WIB. (twitter.com/dfbpokal_en)

Jakarta (Antara Kalteng) - Borussia Dortmund sukses meraih trofi Piala Jerman (DFB Pokal) empat kali, termasuk musim 2016-2017 setelah mengalahkan Eintracht Frankfurt dengan skor 2-1 dalam laga final di Stadion Olimpiade, Berlin, Jerman, Minggu pagi WIB.

Hasil itu, selain menyudahi puasa gelar Dortmund dalam lima tahun terakhir dan tren kekalahan di final tiga edisi Piala Jerman sebelumnya, juga merupakan trofi keempat Dortmund di ajang tersebut sepanjang masa.

Dortmund naik di klasemen sepanjang masa Piala Jerman, menyamai rekor FC Cologne, FC Nurnberg dan lawan mereka di final kali ini, Frankfurt.

Meski demikian, Dortmund masih jauh dari klub tersukses di ajang Piala Jerman, Bayern Muenchen, yang sudah 18 kali juara, juga masih berada di bawah Werder Bremen (6) dan Schalke (5).

Berikut daftar juara Piala Jerman sepanjang masa sebagaimana dirangkum laman Rec.Sport.Soccer Statistics Foundation (RSSSF), yakni organisasi amatir internasional yang mengumpulkan statistik tentang sepak bola dari seluruh dunia:

18 - Bayern Muenchen
6 - Werder Bremen
5 - Schalke 
4 - FC Cologne, FC Nuernberg, Eintracht Frankfurt, Borussia Dortmund
3 - Hamburg SV, VfB Stuttgart, Borussia Moenchengladbach, 
2 - Fortuna Duesseldorf, FC Kaiserslautern, Karlsruher SC, Dresdner SC, 1860 Muenchen
1 - Bayer Leverkusen, Rot-Weiss Essen, VfL Wolfsburg, Bayer Uerdingen, Hannover 96, VfB Leipzig, Kickers Offenbach, Rapid Wien, Schwarz-Weiss Essen, First Vienna.