Jumlah Lapak yang Ikut Pasar Ramadhan Barito Selatan Meningkat

id pasar ramadhan barsel, pasar ramadhan, dekma

Jumlah Lapak yang Ikut Pasar Ramadhan Barito Selatan Meningkat

Bupati Barsel, H Eddy Raya Samsuri, ST menyerahkan bantuan kue Ramadhan pada kegiatan pembukaan pasar Ramadhan di Buntok, Sabtu (27/5). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Jumlah lapak yang berjualan pada pasar Ramadhan di kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

"Pada tahun sebelumnya 40 lapak, sedangkan pada Ramadhan 1438 Hijriyah 2017 ini jumlahnya meningkat menjadi 46 lapak,"  kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Barsel, Dekma  saat menyampaikan laporan acara pembukaan pasar ramadhan, di Buntok, Sabtu.

Ia menjelaskan, untuk jumlah pedagang yang menjual berbagai macam kue dan es tercatat sebanyak 34 pedagang, dan yang menjual makanan siap saji berjumlah 13 pedagang.

Sementara Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri pada saat membuka acara tersebut mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam setiap tahunnya.

"Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Selatan meningkatkan hubungan silaturrahmi antara pemerintah dengan masyarakat dan pedagang makanan olahan serta minuman siap saji," kata dia.

Dibukanya pasar Ramadhan ini untuk mengakomodasi para pelaku usaha kecil makanan dan minuman serta para pembeli yang ingin membeli berbagai macam jajanan dan makanan untuk berbuka puasa.

"Selain itu tujuan dibukanya pasar Ramadhan ini untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan khususnya bagi perajin dan pedagang olahan makanan dan minuman,"ucap Eddy Raya Samsuri.

Kegiatan pembukaan pasar Ramadhan yang berlangsung di halaman Plaza Beringin Buntok itu dihadiri forum Koordinasi Pimpinan Daerah, dan Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.