Kotawaringin Timur Evaluasi Kesuksesan Juara Umum STQ

id stq kalteng, kafilah kotim, lptq kotim

Kotawaringin Timur Evaluasi Kesuksesan Juara Umum STQ

Ketua LPTQ Kotim Burhanudin menyerahkan piala Juara Umum yang diraih kafilah Kotim pada STQ XXI di Kabupaten Murung Raya kepada Bupati Kotim H Supian Hadi, Sabtu (27/5/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Kabupaten Kotawaringin Timur mengevaluasi hasil yang dicapai pada Seleksi Tilawatil Quran XXI tingkat Provinsi Kalteng, meski kafilah kabupaten ini berhasil menjadi juara umum pada event tersebut.

"Kontingen Kotawaringin Timur memang bekerja keras untuk mencapai ini melalui pembinaan secara serius beberapa tahun terakhir ini. Capaian ini juga akan kami evaluasi untuk melihat mana yang masih perlu ditingkatkan supaya bisa mempertahankan prestasi," kata Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kotawaringin Timur Burhanudin di Sampit, Sabtu.

Kotawaringin Timur berhasil menjadi juara umum Seleksi Tilawatil Quran XXI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang digelar di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya pada 11-17 Mei lalu. Kotawaringin Timur mengantongi nilai 47, disusul Barito Utara dengan nilai 46, Palangka Raya nilai 40 dan tuan rumah Murung Raya dengan nilai 40.

Gelar juara yang diraih Kotawaringin Timur adalah lima gelar juara I, enam gelar juara II, empat gelar juara III, dua gelar juara Harapan II dan tiga gelar juara Harapan III. Prestasi Ini adalah pencapaian terbaik Kotawaringin Timur dalam beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya LPTQ sudah memetakan kemampuan dengan melihat cabang-cabang yang berpotensi meraih prestasi dari tujuh cabang dan 42 golongan yang diperlombakan. Dari evaluasi itu LPTQ makin optimistis bisa meraih gelar juara umum pada STQ dan ternyata harapan itu terkabul.

"Saat menjadi tuan rumah MTQ pada 2014, Kotawaringin Timur hanya mampu menjadi juara III. Sejak itu kami bertekad, sesuai arahan bupati agar semua lebih maksimal. Selanjutnya 2015 di Sukamara naik ke peringkat II, 2016 di Palangka Raya juga juara II dan alhamdulillah pada 2017 ini menjadi juara umum. Ternyata semua memang memerlukan waktu dan kerja keras," kata Burhanudin.

Seluruh piala yang berhasil diraih, diarak berkeliling kota Sampit pada Sabtu sore dan disambut antusias masyarakat. Iring-iringan pawai kemudian disambut di acara pembukaan Pasar Ramadhan di Taman Kota Sampit.

Sangat membanggakan bagi Kotawaringin Timur karena prestasi ini dipersembahkan oleh kafilah yang asli putra dan putri daerah Kotawaringin Timur, termasuk pelatihnya. LPTQ bertekad melakukan pembinaan lebih maksimal untuk terus meningkatkan prestasi.