Diisukan Ada Permainan, Akhirnya Rastra Pulpis Sudah Bisa Dibagikan

id Pulang Pisau, Beras Sejahtera, Akhirnya Rastara Pulpis Sudah Bisa Dibagikan

Diisukan Ada Permainan, Akhirnya Rastra Pulpis Sudah Bisa Dibagikan

Beras Sejahtera (Rastra) di Kecamatan Kahayan Kuala mulai didistribusikan ke masing-masing desa penerima yang tidak terjangkau melalui jalan darat (Foto Satker Rastra Kecamatan Kahayan Kuala)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Beras Sejahtera (Rastra) Kabupaten Pulang Pisau sudah diterima oleh masing-masing kecamatan untuk selanjutnya disalurkan kepada desa-desa penerima. 

Kepala Satuan Kerja (Satker) Rastra Kecamatan Kahayan Kuala, Akhmad Sajali di Pulang Pisau, Selasa, mengatakan bahwa beras sebanyak 112 ton yang diterima pihaknya tersebut langsung didistribusikan kembali kepada desa-desa.

"Jumlah Rastra tersebut terhitung sejak enam bulan lalu karena baru sekarang ini Rastra diterima kembali untuk di distribusikan," kata Sajali.

Keterlambatan penyaluran Rastra hingga enam bulan ini, kata Sajali, menuai banyak isu miring ditengah masyarakat. 

Banyak masyarakat yang menduga-duga ada 'permainan' dalam pendistribusian yang dilakukan antara aparatur kecamatan dan desa karena Rastra tersebut belum diterima. Padahal, keterlambatan itu disebabkan dengan aturan yang belum dikeluarkan.

Pendistribusian Rastra yang merupakan beras bantuan dari pemerintah pusat untuk membantu masyarakat ekonomi ke bawah ini, papar Sajali, ditargetkan selesai hari ini. 

"Sebelumnya sudah ada lima desa yang disalurkan dan tinggal beberapa desa lagi yang masih tersisa," katanya.

Sajali mengungkapkan dalam pendistribusian Rastra tidak ada mengalami kendala. 

Untuk daerah-daerah yang tidak terjangkau dan tidak bisa melalui jalan darat,  pengiriman Rastra dilakukan dengan menggunakan transportasi kapal motor atau kelotok.