DPRD Bartim Apresiasi Capaian WTP Pemkab

id DPRD bartim, ariantho s muller, pemkab bartim WTP

DPRD Bartim Apresiasi Capaian WTP Pemkab

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur, Ariantho S Muller. (Ist)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Timur,  Kalimantan Tengah memberikan apresiasi yang tinggi atas capaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Pemerintah Kabupaten Bartim atas Laporan Hasil Pemerikaan Keuangan tahun anggaran 2016.

Wakil Ketua I DPRD Bartim, Ariantho S Muller mengatakan, atas prestasi tersebut, DPRD mengapresiasi setinggi-tingginya capaian WTP atas hasil laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2016.

"Ini merupakan prestasi yang luar biasa mengingat untuk laporan keuangan terkini menggunakan regulasi dan aturan yang sangat ketat," katanya di Tamiang Layang, Rabu. 

Menurutnya, mencapai WTP merupakan hal yang tidak mudah bagi masing-masing daerah, begitu pula Kabupaten Bartim untuk bisa mencapai WTP tersebut.

"Kita patut syukuri Pemerintah Kabupaten Barito Timur dapat melakukan itu dan kita dapat mencapai opini tertinggi yaitu WTP," terangnya. 

Menurutnya, perjuangan Pemkab Bartim terutama bidang aset daerah yang bekerja keras melakukan pendataan aset dimana sebelumnya hampir dikatakan semrawut dan sulit terdeteksi.

Karena kerja keras dan kerja nyata, bidang aset akhirnya mampu menata dan mendata aset hingga dapat tertata dengan baik. 

Tantangan ke depan yakni pengelolaan keuangan dengan sistem akrual. DPRD selaku mitra kerja Pemerintah Kabupaten Bartim mengharapkan mampu menyajikan laporan keuangan yang sempurna dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Masyarakat perlu tahu, capaian WTP merupakan keberhasilan  dalam ketepatan penganggaran, ketepatan pertanggungjawaban dalam laporan keuangan dan atas terkelola dan terdatanya aset daerah secara transparan dan bertanggung jawab.

"Untuk berikutnya mari kita pertahankan opini WTP ini dan semuanya harus bersinergi untuk memajukan daerah dan mempertahankan pengelolaan keuangan yang transparan, efektif dan efisien," demikian Ariantho.