Wabup Ingin Gumas Punya Rumah Ibadah Berornamen Daerah

id Rumah Ibadah, Rony Karlos, Gunung Mas, Wakil Bupati Gunung Mas, Rony Carlos, Rumah Ibadah Berornamen Daerah

Wabup Ingin Gumas Punya Rumah Ibadah Berornamen Daerah

Masjid Raya Darussalam (Foto Antara Kalteng Kalteng/Rendhik Andika)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Gunung Mas, Rony Carlos menginginkan daerah tersebut memiliki rumah ibadah yang berornamen daerah khususnya motif Dayak, yang penting tidak mengurangi estetika bentuk dari rumah ibadah itu sendiri.

"Salah satu yang memungkinkan sebagai contoh nantinya adalah pembangunan Gereja baru di Kelurahan Tumbang Napoi, Kecamatan Miri Manasa, Kabupaten Gumas, dan masyarakat juga sudah merencanakan agar nantinya bangunan itu memiliki ornamen khas daerah," katanya, di Kuala Kurun, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, sejauh ini prosesnya masih tahap desain pembangunannya saja, dan panitia juga telah membentuk tim khusus yang meminta bantuan kepada Pemkab Gumas untuk mendesainkan bangunan gerejanya.

Menurutnya, masyarakat disana ingin Pemkab yang mendesain dan tidak jauh dari estetika agama serta daerah, sehingga hal itu harus diberikan apresiasi untuk didukung.

"Selain desain ornamen daerah, saya juga minta agar memperhatikan penghijauan lingkungannya. Artinya disekitar rumah ibadah itu harus ada tanaman atau pohon, sehingga ketika pembersihan lahan tidak semua tumbuh-tumbuhan ditebang atau dibersihkan," ujarnya.

Ia menjelaskan Untuk dana pembangunan gereja tersebebut merupakan hasil swadaya jemaat gereja dan masyarakat sekitar, ditambah dana hibah dari Pemkab Gumas. Keberadaan gereja itu nantinya diharapkan dapat menampung jemaat gereja yang jumlahnya terus bertambah.