Bupati Pulpis Terus Pantau Kesiapan Masjid Agung

id Pulang Pisau, Bupati Pulang Pisau, Masjid Agung, Bupati Pulpis Terus Pantau Kesiapan Masjid Agung

Bupati Pulpis Terus Pantau Kesiapan Masjid Agung

Bupati H Edy Pratowo (kanan) ketika melihat dari dekat pembangunan Masjid Agung di Jalan Abel Gawei Kecamatan Kahayan Hilir belum lama ini (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengaku dirinya masih melakukan pengecekan kesiapan Masjid Agung yang terletak di Jalan Abel Gawei untuk bisa melaksanakan sholat ied untuk pertama kalinya.

"Kita masih melihat kesiapannya dulu apakah Masjid Agung ini sudah bisa untuk melaksanakan sholat ied untuk pertama kali," kata Edy Pratowo di Pulang Pisau, Senin.

Edy Pratowo memahami keinginan umat muslim di daerah setempat agar bisa sholat ied bisa dilaksanakan di Masjid Agung, meski masjid tersebut belum selesai secara keseluruhan. 

Apabila Masjid Agung dipastikan sudah siap dan bisa melaksanakan sholat ied untuk pertama kali, tidak menutup kemungkinan umat muslim bisa bisa bersama-sama menggunakannya saat menjelang Idul Fitri.

Edy Pratowo juga meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat untuk melakukan pengecekan dan memberikan laporan terkait dengan progress pembangunan dan kesiapannya itu. 

"Saat ini, untuk perangkat sound system Masjid Agung sudah terpasang dan telah diujicoba. Hanya pembangunan menara masjid yang masih belum selesai seluruhnya," katanya.

Apabila Masjid Agung masih belum siap, kata Edy Pratowo, mau tidak mau sholat ied tahun ini dilakukan ditempat-tempat seperti biasanya. 

Masyarakat juga diminta bersabar untuk bisa menggunakan masjid ini, meski dirinya sendiri memberikan isyarat juga ingin sholat ied di masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat.

Menurut Edy Pratowo, penyempurnaan penyelesaian pembangunan masjid ini masih ditangani DPU. Seperti, penimbunan jalan masuk menuju masjid saat ini masih dalam tahap pengerjaan dan masih digenjot penyelesaiannya. 

"Jadi semua masih menunggu kesiapan dan pengecekan DPU, agar bisa menggelar sholat ied di Masjid Agung tersebut," demikian Edy Pratowo.