Senin, 26 Juni 2017

Kebutuhan Daging di Sukamara Aman Hingga Jelang Lebaran

id Sukamara, kebutuhan daging, Kebutuhan Daging di Sukamara Aman Hingga Jelang Lebaran, harga daging
Kebutuhan Daging di Sukamara Aman Hingga Jelang Lebaran
Penjual Daging Ayam (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)
Sukamara (Antara Kalteng) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah mengatakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri untuk stok daging sapi maupun ayam masih terbilang aman.

"Kalau untuk kabupaten Sukamara baik daging sapi maupun daging ayam cukup aman hingga menjelang lebaran," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara, Syamsir, Selasa.

Menurutnya, kenapa stok daging cukup, karena data yang diperoleh dari peternak sapi yang ada di Sukamara adanya penambahan sapi dari Pulau Madura.

Sedangkan untuk kebutuhan daging ayam selama bulan Ramadan hingga hari Raya Idul Fitri mencapai 1000 sampai 2000 ekor yang merupakan hasil dari peternak di beberapa desa di Sukamara.

"Biasanya di Sukamara ini daging sapi diserbu masyarakat hanya menjelang lebaran saja. Oleh karena itu saat menjelang lebaran pedagang hanya memotong 2 sampai 3 ekor sapi saja perhari, karena kebutuhan daging sapi belum begitu banyak jadi masih mencukupi dengan jumlah ternak yang ada saat ini," katanya.

Ia menambahkan, saat ini untuk harga daging sapi mengalami kenaikan sedangkan untuk hargabdaging ayam relatif aman karena hingga saat ini masih belu ada kenaikan hargan oleh para pedagang, namun biasa kenaikan saat menjelang lebaran.

"Ada kenaikan harga untuk daging sapi tapi tidak banyak dari Rp 120 Ribu sampai Rp 150/kilo, sedangkan untuk daging ayam harga masih sama yaitu sekitar Rp35 ribu/kilo," ucap syamsir.

Pihaknya berharap harga ini tetap stabil baik saat ini hingga menjelang lebaran nanti, sehingga tidak menimbulkan resah maupun keluhan dari masyarakat kalau harga daging sapi maupun ayam naik kembali.

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga