Senin, 21 Agustus 2017

Pilkada Barito Selatan Jadi Referensi Wilayah Lain

id bupati barsel, Eddy raya samsuri, pilkada barsel
Pilkada Barito Selatan Jadi Referensi Wilayah Lain
Bupati Barsel, H. Eddy Raya Samsuri, ST didampingi Camat Karau Kuala, Drs Mirwansyah saat diwawancarai pers, Rabu. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)
Buntok (Antara Kalteng) - Pilkada Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, menjadi referensi bagi wilayah lain yang akan melaksanakan Pilkada 2018 mendatang.

"Kita bersyukur pelaksanaan Pilkada kabupaten ini menjadi referensi wilayah lain," kata Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri saat Safari Ramadhan di Kelurahan Bangkuang, Rabu.

Ia mengatakan, pihak Komisi Pemilihan (KPU) Umum Kabupaten Barito Timur, Pemerintah kabupaten Pulang Pisau, kabupaten di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan sudah datang ke Barsel.

"Bahkan dari Tangerang pun datang ke Barito Selatan untuk mempelajarinya," ucap dia.

Mereka lanjut Eddy Raya Samsuri, datang ke Barito Selatan untuk mempelajari sejauhmana kabupaten ini bisa berhasil dan mendapatkan predikat terbaik dalam melaksanakan Pilkada.

"Karena secara nasional kita salah satu kabupaten mendapatkan penghargaan apresiasi terbaik fasilitasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017," ujarnya.

Ia mengatakan, pemberian penghargaan tersebut, karena tingkat partisipasi pemilih di atas target yang ditentukan secara nasional, dan kelancaran dukungan pembiayaan serta data kependudukan.

Selain itu juga kata dia, peran aktif dari Desk Pilkada, keaktifan pelaporan serta implementasi kearifan dalam demokrasi tingkat lokal, dan karena semua pertimbangan itu terpenuhi, maka Barsel mendapatkan penghargaan tersebut.

"Meskipun, dalam pelaksanaan Pilkada beberapa waktu lalu banyak terjadi pergeseran, akan tetapi hal tersebut merupakan hal yang biasa dalam demokrasi,"tambah Eddy Raya Samsuri.

Acara safari ramadhan Bupati di kelurahan Bangkuang tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dan masyarakat setempat.

Editor: Zaenal A.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga