Selamat! Timnas Indonesia Berhasil Taklukkan Kamboja

id timnas Indonesia, menang, Timnas Indonesia Berhasil Taklukkan Kamboja

Selamat! Timnas Indonesia Berhasil Taklukkan Kamboja

Timnas Indonesia (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Jakarta (Antara Kalteng) - Tim nasional Indonesia berhasil menaklukkan Kamboja dengan skor 2-0 pada laga persahabatan yang digelar di Stadion National, Phnom Penh, Kamis. 

Dua gol dari anak-anak asuh pelatih Luis Milla dicetak oleh Irfan Bachdim di menit ke-26 dan Gian Zola pada menit ke-94, dipantau dari laman resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta, Kamis.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih timnas Indonesia Luis Milla lima pemain senior yang dipanggilnya yaitu Kurnia Meiga, Fachruddin, Adam Alis, Bayu Pradana dan Irfan Bachdim. Meski demikian, pada babak pertama tim Garuda kerap tertekan oleh permainan menyerang yang diperagakan Kamboja. 

Indonesia sempat mendapatkan peluang emas pada menit ke-12 melalui penyerang tengah Marinus Manewar. Bola liar di kotak penalti Kamboja berhasil dilambungkannya ke gawang kosong, tetapi bek Nub Tola berhasil menyapunya ke luar lapangan persis di bibir gawang. 

Gol perdana Indonesia datang saat serangan dilancarkan ke sisi kanan pertahanan Kamboja pada menit ke-26. Irfan, yang beroperasi di sayap kiri, berhasil merebut bola dan menendangnya masuk ke gawang. 

Kamboja yang mengandalkan pemain divisi tiga Liga Jepang Chan Vathanaka berusaha membalas, tetapi tekanan demi tekanan urung berhasil. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan sampai turun minum. 

Usai jeda, awalnya permainan berlangsung dengan tempo sedang, di mana bola sering berkutat di lini tengah. Namun pada menit ke-59, Indonesia menggebrak pertahanan lawan melalui "solo run" Adam Alis yang melewati beberapa pemain lawan. 

Sayangnya, upaya yang diakhiri dengan umpan ke Febri Hariyadi itu gagal menemui gawang karena bola dari tendangan Febri melayang di atas gawang Kamboja. 

Sebelas menit setelah peluang itu, Yabes Roni yang masuk menggantikan Irfan Bachdim berhasil menusuk ke kotak penalti dari sisi kiri pertahanan lawan. Namun, umpan Yabes ke tengah tidak menemui satupun rekannya. 

Tekanan demi tekanan terus dilancarkan Bayu Pradana dan kawan-kawan. Di menit ke-80, Septian David Maulana menyisir dari sayap kiri, melewati pemain lawan dan tinggal berhadapan dengan kiper. Akan tetapi tendangannya masih dapat diblok oleh penjaga gawang. 

Beberapa peluang lain diciptakan Indonesia tetapi gol baru datang di menit ke-90+4. Pertahanan renggang Kamboja sukses digempur oleh punggawa timnas yang berakhir dengan tendangan kaki kiri Gian Zola. Bola berhasil melesat masuk ke pojok kanan bawah gawang Kamboja tanpa bisa dihalau kiper Sou Yaty. 

Skor 2-0 pun bertahan sampai peluit akhir dibunyikan wasit asal Thailand Sassadee Warintorn. 

Berikutnya, timnas Indonesia akan berhadapan dengan timnas Puerto Rico pada laga persahabatan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (13/6).