DPRD Pulpis Soroti Kesiapan Dermaga dan Kapal Feri Penyebrangan Terkait Arus Mudik Lebaran

id DPRD Pulang Pisau, DPRD Pulpis, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Ahmad Rifa'i

DPRD Pulpis Soroti Kesiapan Dermaga dan Kapal Feri Penyebrangan Terkait Arus Mudik Lebaran

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Ahmad Rifa'i

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Ahmad Rifa'i mengingatkan agar Dinas Perhubungan untuk melakukan pengecekan ke sejumlah dermaga penyeberangan dalam antisipasi kesiapan arus mudik lebaran tahun ini.

"Kita semua tidak lagi mau mendengar adanya keluhan dari masyarakat baik itu terkait kelayakan dermaga maupun kapal feri penyeberangan. Apalagi akan terjadi peningkatan menjelang arus mudik tahun ini," kata Rifa'i di Pulang Pisau, Jumat.

Ia mengungkapkan pengecekan kelayakan jangan hanya sekedar kegiatan seremoni, tetapi benar-benar dilakukan dan harus dibenahi setiap tahunnya sebagai bentuk pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat setempat. 

Kelayakan bukan hanya terletak pada operasionalnya dermaga dan kapal feri semata. Tetapi bagaimana memenuhi keamanan dan kenyamanan para pengguna tetapi juga bagaimana asuransi kepada penumpang kapal feri apabila terjadi sesuatu yang tidak diiinginkan.     

Pengawasaan di lokasi dermaga penyeberangan harus dilakukan, diantaranya dengan menempatkan petugas yang memantau dan mengawasi keselamatan para penumpang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Menurut Rifa'i banyak dermaga yang masih belum layak dan minimnya lampu penerangan saat operasional pada malam hari. 

Perhatian dan pengawasan bukan hanya diberikan kepada dermaga dan kapal feri yang dikelola milik pemerintah setempat saja, tetapi seluruh penyeberangan sungai yang ada di daerah setempat. 

Tidak sedikit faktor keselamatan penumpang dan kendaraan masih sering diabaikan oleh pengelola kapal feri penyeberangan. Jangan sampai musibah hingga ada korban jiwa terjadi akibat kelalaian semua pihak.