Kamis, 29 Juni 2017

Waspada Kriminalitas Jelang Lebaran, Ini Imbauan Legislator Kotim

id dprd kotim, william novetra, mudik Lebaran
Waspada Kriminalitas Jelang Lebaran, Ini Imbauan Legislator Kotim
Ilustrasi. (Istimewa)
Sampit (Antara Kalteng) - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, William Novetra mengimbau masyarakat untuk waspada tindak kriminal saat menjelang Lebaran.

"Menjelang Lebaran tindak kejahatan cenderung meningkat, sebagian pelaku beralasan melakukan tindak kriminal karena butuh uang cepat untuk biaya hidup dan ada juga untuk mudik Lebaran. Untuk itu masyarakat harus selalu waspada dan berhati-hati," katanya kepada wartawan di Sampit, Minggu.

Untuk menghindari tindak kriminal, masyarakat harus lebih berhati-hati, jangan lupa mengunci rumah saat ditinggal bepergian, dan jangan menerima tamu sembarangan.

William juga meminta kepada masyarakat untuk melapor ke polisi jika menemukan atau ada gerak-gerik orang yang mencurigakan.

Ketika bepergian hendaknya jangan mengenakan perhiasan yang berlebih sebab hal itu akan mengundang perhatian pelaku tindak kejahatan.

"Bagi masyarakat yang melakukan mudik lebaran jalur darat juga harus berhati-hati selama dalam perjalanan, jangan berhenti di sembarang tempat terutama tempat sunyi. Istirahat hendaknya dilakukan di posko resmi yang telah disediakan pemerintah," katanya.

Pemudik jalur darat yang menggunakan kendaraan roda dua diharapkan untuk tidak membawa barang bawaan yang berlebih karena hal tersebut sangat berisiko.

"Yang jelas tindak kejahatan bisa terjadi di mana saja, dirumah maupun jalan raya, untuk itu pemudik harus selalu waspada agar selamat sampai tujuan," ucapnya.

Supaya lebih aman perjalanan mudik lebaran menggunakan kendaraan roda dua hendaknya dilakukan pada siang hari dan secara berombongan, jadi jika ada hal yang tidak diinginkan bisa saling membantu. 

Editor: Zaenal A.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga