Pemkab Barut Siapkan Armada Sungai Angkutan Lebaran

id Pemkab barut, Iwan Fikri, sungai barito, armada angkutan, jelang lebaran

Pemkab Barut Siapkan Armada Sungai Angkutan Lebaran

Ilustrasi (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menyiapkan armada berupa puluhan unit angkutan sungai yang melintasi Sungai Barito untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik Lebaran 2017.

"Armada moda angkutan sungai tersebut di antaranya kapal cepat (speed boat) 50 unit, sisanya 40 buah perahu motor "long boat", dan satu unit bus air," kata Kepala Dinas Perhubungan Barito Utara Iwan Fikri di Muara Teweh, Senin.

Menurut Iwan, sarana transportasi sungai ini khusus untuk melayani warga di pedalaman dan desa yang tidak bisa dilalui moda angkutan darat.

Angkutan sungai yang pelabuhannya berada di kawasan Jalan Panglima Batur Muara Teweh melayani beberapa desa di pedalaman Sungai Barito dan kabupaten terdekat.

Kapal cepat melayani masyarakat dari Muara Teweh-Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya, dengan tarif sebesar Rp175.000 per orang.

Kemudian Muara Teweh-Buntok Kabupaten Barito Selatan dengan biaya Rp180 ribu/orang serta Muara Teweh-Tumpung Laung Kecamatan Montallat dengan tiket Rp110 ribu/penumpang.

Selain itu, disiapkan perahu bermotor jurusan Muara Teweh-Puruk Cahu dengan biaya Rp120.000/orang dan Muara Teweh - Tumpung Laung dengan tiket Rp60 ribu/orang. Sedangkan bus air untuk jurusan Muara Teweh-Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dengan tarif Rp110 ribu/orang.

Khusus bus air hanya tinggal satu yang masih bertahan hanya sekali dalam sepekan, setelah angkutan darat dari Muara Teweh untuk keluar daerah sudah lancar.

"Para pengguna jasa bus air ini biasanya orang yang tidak tahan melalui angkutan darat karena mabuk darat sehingga sarana ini masih bisa bertahan meski jumlahnya masih sedikit," katanya didampingi Kepala UPTD Dermaga Muara Teweh Muhammad Nurdin.